KabarNet

Aktual Tajam

KETAKUTAN! Ribuan Pasukan Tempur dan Sniper Jaga SBY

Posted by KabarNet pada 26/04/2012

Batam – KabarNet: Ribuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan ribuan pasukan dari berbagai satuan Polri sudah siap mengamankan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta rombongan di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (27/4/2012). Dari ribuan pasukan yang terdiri dari berbagai divisi tempur tersebut termasuk para Penembak jitu atau Sniper dari kesatuan TNI dan Polri juga dikerahkan di sejumlah lokasi penting. Setidaknya, tiga batalion atau sekitar 2.234 prajurit juga disiagakan. Kedatangan Presiden SBY dan rombongan itu dalam rangka peresmian proyek Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) bagi para pekerja di Batam.

Saat dikonfirmasi oleh wartawan, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Lodewijk F.Paulus mengatakan bahwa jumlah pasukan yang disiagakan tersebut masih belum termasuk pasukan cadangan yang ada di kepolisian dan TNI yang sudah bersiap siaga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. “Ada 2.234 pasukan yang sudah kita siapkan untuk mengamankan kedatangan presiden di Batam,” ujar Mayjen Lodewijk Paulus usai acara gelar pasukan pengamanan di Lapangan Engku Putri, Batam, Kepri, Rabu (25/4/2012).

Selanjutnya Mayjen Lodewijk menegaskan bahwa seluruh pihak terkait dalam rangka pengamanan termasuk pihak kepolisian sudah siap. “Sebab ini merupakan protap yang ada dan dilaksanakan. Sehingga tinggal pengecekan ulang saja. Kami akan menempatkan penembak jitu pada titik-titik rawan keamanan,” tandasnya.

Namun Pangdam menolak memberikan penjelasan terperinci mengenai jumlah personil penembak jitu yang dikerahkan. Menurutnya hal itu dirahasiakan demi kelancaran tugas, maka oleh karenanya tak bisa diungkapkan.

Lebih lanjut Pangdam memaparkan bahwa prosedur tetap (protap) pengamanan presiden adalah empat satuan tugas (Satgas), yakni Satgas Bandara, Satgas Panbil, Satgas Walkir dan Satgas Laut. Sedangkan untuk Satgas Panbil akan terbagi dalam 3 sub pengamanan seperti rute sepanjang perjalanan rombongan presiden dari bandara hingga tempat pelaksanaan acara. Disamping itu, objek yang menjadi tempat berlangsungnya acara dan tempat presiden dan rombongannya menginap juga menjadi bagian dari lokasi penting yang akan diamankan oleh Satgas Panbil. “Setiap Satgas akan terbagi dalam beberapa sub Satgas yang bertugas memastikan keamanan presiden,” paparnya menjelaskan.

Menurut Pangdam, tugas pengamanan presiden dan rombongan dilakukan dengan sistem berlapis-lapis hingga ring tiga (3). Pada ring Satu diisi pasukan pengaman presiden (Paspamres). Ring Dua, pengamanan dari kepolisian dan terakhir diisi pasukan dari TNI dari berbagai kesatuan. “Kita berlakukan pengamanan hingga ring Tiga. Semua pasukan sudah kita siapkan,” tandasnya.

Untuk mengamankan kedatangan Presiden SBY beserta rombongan, Pangdam-I Bukit Barisan juga akan mengerahkan sejumlah Tank Tempur, Mobil Pemadam Kebakaran dan juga Mobil-Mobil Berlapis Baja untuk pengawalan serta seluruh persenjataan lengkap dari pasukan-pasukan elit divisi tempur yang telah dipersiapkan.

Demi untuk suksesnya protap pengamanan kali ini, Pangdam melakukan pengamanan ketat dari tiga unsur, Laut, Darat dan Udara. Hal itu karena posisi geografis Batam yang berbatasan dengan wilayah perbatasan. “Kita tidak ada prioritas utama, tapi semua sektor kita amankan dan kita pandang sebagai area yang bisa sewaktu-waktu memberikan ancaman,” katanya.

Dalam apel gelar pasukan pengaman kedatangan SBY tersebut, tampak hadir Walikota Batam, Ahmad Dahlan, Kapolda Kepri, Brigjen Yontje Mende, Danrem 033/WP Kolonel Czi Adi Sudaryanto, SIP, Komandan Kodim 0316 Letkol Ahmad Rizal Ramdani dan sejumlah unsur muspida lainnya.

Kalau dilihat dari rapatnya pengamanan Presiden SBY yang dijaga ketat oleh ribuan pasukan elit dari berbagai divisi tempur TNI dan Polri, jangankan ada pihak yang bermaksud mengacau ataupun sekedar ingin berunjuk-rasa, bahkan seekor lalatpun akan sulit menyusup masuk untuk “mengganggu” SBY. [KbrNet/adl]

34 Tanggapan to “KETAKUTAN! Ribuan Pasukan Tempur dan Sniper Jaga SBY”

  1. Sang Kata said

    Masih bisa dirudal dari negara tetangga.

  2. Anonim said

    merasa punya banyak musuh ..yaa begini modelnya

  3. mestinya pasukan elit TNI divisi tempur bersenjata lengkap sebanyak itu untuk perang membela negara, bukan utk mengamankan SBY. Kalau utk mengamankan presiden cukup Paspampres dibantu Polisi Brimob anti huru-hara, Densus-88, dan Gegana.

    Pasukan tempur spt ini mestinya buat mengepung Malaysia biar ga berani kurang ajar seenaknya membunuh dan memutilasi jasad TKI kita.

  4. One Da said

    Almarhum Pak Harto aja dulu setiap ke daerah ketemu dgn para petani di tengah sawah ga pernah dikawal seketat dn seheboh ini.

    Memang betul… KETAKUTAN.

  5. SBY itu pada dasarnya baik. Yg brengsek tuh kroni2 disekelilingnya dan politikus2 partai Demokrat.

  6. Biasanya curhat dulu sama rakyat sebelum berangkat, sebaiknya nanti kalau mau berangkat ke Batam jangan lupa bawa dukun.

  7. Anonim said

    rasa ketakutan yang amat sangat berlebihan dari seorang manusia yg bernama SBY
    dasaaar…’parlukluk’ (penakut)

  8. pardede parbalige said

    Magigi mamereng amanta si beye on.pengamanan yg berlebihan dan menghambur-hamburkan uang rakyat.perampoooooooooook.

  9. surya said

    presiden kok takut sama rakyatnya, seharusnya presiden itu dekat sama rakyat, hehehe beliau dekat sama rakyat yang dipilihnya mungkin. masa bodoh dekat dengan rakyat, toh pemilihan akan datang, sudah tdk bisa lagi alias pensiun, cari aman saja ya pak presiden …….

  10. dhaspex said

    ktemu sama masyrakat ko harus di kawal seketat itu..???
    ne kan cuma peresmian doankk… bayangkan saja banyak uang yang dipakai,,coba itu dikasih kepada para rakyat yang kekurangan…
    atau bisa juga tu para TNI dipakai untuk perang lawan malaisya biar kapok gak se enaknya saja menghina bangsa. ne bangsa di hina (penghinaan dengan penjualan organ TKI) tapi ko gak berani melawan,, ehhh malah ribuan TNI hanya utnuk mengawal seorang SBY yang hanya menyapa rakyatnya senidiri,,, jantan dounk kalau emang benar cinta rakyat….!!!!!!

  11. adhi said

    hahahhahahah, biasa aja kali… emank dari dulu pengamanan presiden pasti seperti itu, mlai dari zamannya bung karno… beritanya terlalu menyududtkan niiih… Nb: gua bukan pendukung SBY lho…. hehehhehe

  12. sentot said

    Klihatannx bnyak yg gak paham istilah “protap”. Itu artinx prosedur tetap. kalau si …Jono… jd presiden ya tetap begitu cara n teknik pengamanannya. terlepas presidennx pemberani ataupun penakut.

  13. Polisi said

    @Sentot
    Protap pengamanan presiden SBY ini PROTAP BARU.

    Protap pengamanan presiden2 RI terdahulu tidak seketat yg sekarang. Bahkan di era Alm Pak Harto yg sangat kuat sekalipun, protap pengamanannya hanya satuan2 Polri spt Brimob, PHH (Pasukan Anti Huru-Hara) dll dan Paspampres. TIDAK MENGERAHKAN PASUKAN TNI DIVISI TEMPUR, TANK TEMPUR, MOBIL LAPIS BAJA, PASUKAN ELIT, SNIPER, PASUKAN LAUT-DARAT-UDARA segala seperti mau perang. Ini protap baru seolah mau perang melawan ancaman dari negara asing.

    Jadi mohon diingat bhw: INI PROTAP BARU yg khusus dibuat untuk mengamankan SBY, dan BUKAN protap pengamanan presiden yg biasanya seperti yg sudah2 di era presiden2 terdahulu.

  14. Anonim said

    Cerita lama, tentara dan polisi kita beraninya cuma jadi anjing penjaga aja……..

  15. nitip tulisan
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/04/28/allah-itu-maha-dekat/

    terima kasih

  16. Anonim said

    SEHEBAT APAPUN BALA TENTARA DENGAN MODEL APAPUN TAK KUASA BERTEMPUR DENGAN TAKDIR ……. SELAMAT MENCOBA!!!

  17. koko said

    Ketahuan kalo gak pernah berpihak pada rakyat pasti akan ketakutan dengan rakyatnya sendiri………………

  18. Anonim said

    pasti anjing2 fpi teroris itu yg punya pikiran negative itu,itu udh protap,ga sah heboh2 nanggepinya,kl mnurut gw,buat ngebasmi teroris,fpi,mmi,jat,ji,ga perlu bnyak2 cukup 3 dr DENJAKA,3 DARI DENSUS 88,3 DARI KOPASSUS,3 DARI PASKHAS,DIBANTU BIN,BAIS,BAKOR,HABIS TUCH SEMUA BIBIT2 DI/TII GAYA BARU N SEMPALAN TERORIS MORO N JIHADUL2 ANJING.!!!

  19. eman said

    dak usah di permasalahkanlah..

  20. Anonim said

    aaaaa
    aaaaaaaaaaaaaaaa

  21. Anonim said

    sampe segitunya ya

  22. Anonim said

    SEKIAN RIBU ORANG MENJAGA 1 ORANG YANG TAKUT MATI. KALO ADA MALAIKAT MAUT YANG MAU CABUT NYAWANYA, APA BISA DIHADANG YA?

  23. Pasukan Jihad said

    No comentar..

  24. Katrok said

    Dasar esbeye pengecut

  25. .@nyot said

    .SBY lebay .cuman bwat peresmian aja harus di kawal ribuan tentara .kalo mau aman tuh SBY di pake’in roMpi anti pluru aje .gitu aje kok rep0t. !!

  26. cok said

    .masa kyak gtu. .pemimpin itu harusnya melindungi tp kok malah di lindungi . .wkwkwkwk

  27. andri said

    Prbuatan brimob gorontalo sangat biadab,menembaki orang tak brsenjata,snjata itu milik negara knapa kau salah gunakan,elu mau unjuk kekuatan dgn TNI,kalo TNI kerahkan kekuatan sdikit sja tak prlu penuh,habislah kau.hidup TNI

  28. Erwin said

    Indonesia miskin presiden x kren!
    Indonesia tak prn m2bwt sya bngga!

  29. apan said

    parah nih yg gak paham..melindungi presiden ada dalam uud.kalaw mentri,gubernur kena tembak gak masalah.kalaw presiden kena tembak ,apa kata dunia ??

  30. Ipin said

    @Apan
    Iya tau… tp bukan dgn pengerahan ribuan pasukan tempur bersenjata lengkap.
    Kayak mau perang aja.
    Buktinya “kepengecutan” tsb ga pernah dilakukan oleh presiden2 RI sebelumnya.

  31. Anonim said

    gue ak for seven modar tu sby

  32. KEMATIAN ADA DI MANA-MANA DAN SETIAP WAKTU KARENA ALLOH LAH YANG MENENTUKAN SEGALANYA. KEMATIAN BISA TERJADI OLEH DIRI SENDIRI KARENA SIFAT YANG BURUK DAN MELEKAT PADA DIRINYA DISEBABKAN KURANG/TIDAK BERIMAN DAN BERISLAM KEPADA ALLOH SWT. AKHIRNYA KETAKUTANLAH YANG TAMPAK PADA DIRINYA SEHINGGA KEMATIAN PUN CEPAT MENGHAMPIRINYA DENGAN PELAN-PELAN ATAU SEGERA. KETAKUTAN HANYA SATU YAITU KEPADA ALLOH SWT PEMILIK HIDUP DAN MATI SEMUA MAKHLUK. ALLOH SWT MAHA KEKAL MAHA HIDUP MAHA BESAR. ALLOHU AKBAR!!!

  33. ace maxs said

    woow keren pasukan tni , semoga indonesia tetap jaya ,,

  34. Anonim said

    Msh di negara sendiri aja di jaga ketat kaya mau perang dasar penakut,mungkin kalo ak yg jd presiden akan blusukan ke negara tetangga biar pd heran negara lain•ga usah pakai pengwal klo perlu nyamar jd apa aja

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.