KabarNet

Aktual Tajam

Perguruan Santriloka Kecam Al-Quran dan Haji

Posted by KabarNet pada 29/10/2009

Mojokerto – Jawa Timur. Aliran sesat Perguruan Ilmu Kalam Santriloka yang ditemukan di Mojokerto, Jawa Timur semakin membuat resah umat Islam. Perguruan ini menganggap sebagian isi Al-Quran sesat dan membahayakan persatuan. Perguruan ini juga mengecam ibadah haji yang dianggap sebagai pembodohan Bangsa Arab terhadap Bangsa Indonesia.

“Al-Quran sebagian salah dan sesat, sebagian benar. Seperti Surat Al-Kafirun, itu sesat. Bukan kalam Allah tapi suara orang Arab,” kata Pengasuh Perguruan Ilmu Kalam Santriloka Kiai Ahmad Naf’an kepada detiksurabaya.com di Padepokan Santriloka, Kelurahan Kranggan gang 5, Kota Mojokerto, Rabu (28/10/2009).

Menurut pria yang biasa dipanggil Gus Aan ini, Surat Alkafirun menyerukan perpecahan, bukan persatuan. “Bagaimana, kok bisa Tuhan Allah mengecam dan menyuruh orang agar memusuhi orang yang dianggap kafir,” jelas Aan.

Terkait dengan Al-Quran yang beredar di Indonesia, Gus Aan menyatakan salah. Menurutnya, Al-Quran bukan dari Bahasa Arab. Melainkan Bahasa Kawi, Bahasa Sansekerta dan Bahasa Jawa Kuno. Al-Quran merupakan buatan orang Arab untuk menjajah Bangsa Indonesia.

“Al-Quran yang ada ini, dimodifikasi oleh orang-orang untuk merusak Majapahit, Jawa dan Pancasila. Siapa yang bertanggungjawab, kalau Al-Quran ini salah. Apa nabi mau tanggungjawab,” tambah Aan sambil menunjuk Al-Quran yang ada di depan kakinya.

Terkait ibadah haji, Gus Aan juga menganggap ibadah haji saat ini tidak sesuai dengan inti ajaran Islam. “Siapa yang menyuruh ke Makkah. Dulu banyak orang mati di Terowongan Mina. Begini kok katanya perintah Allah,” kata Gus Aan berapi-api.

Menurut Aan, ibadah haji sebenarnya tidak harus pergi ke Makkah dan sekitarnya. “Sudah dikatakan, kalau Allah itu dekat seperti urat nadi, kenapa umat Islam mengitari batu, dan mau dibodohi orang Arab,” kata Gus Aan menambahkan.

Sebelumnya Pondok Pesantren dan MUI di Mojokerto meminta polisi melacak keberadaan pengajian Ilmu Kalam Santriloka. Ajaran pengajian komunitas itu dianggap sesat karena tidak mewajibkan puasa Ramadan dan salat 5 waktu.
__________________________

Perguruan Santriloka Mengingkari Shalat dan Puasa Ramadlan

Perguruan Ilmu Kalam Santriloka resahkan Umat Islam Mojokerto, Jawa Timur. Aliran ini tidak mewajibkan puasa Ramadlan dan shalat lima waktu. Isi pengajian aliran ini berisi penghinaan terhadap Islam. Oleh karenanya, sejumlah pondok pesantren di Mojokerto meminta polisi melacak keberadaan pengajiannya.

“Berdasar kaset yang kita lihat tadi, jelas ajaran Islam sesat. Karena puasa Ramadan tidak wajib dan salat mereka cukup ingat Allah saja,” kata pengasuh Pesantren Nurul Huda, KH Fakih, Selasa (27/10/2009).

Bukti awal adanya aliran sesat ini ditemukan dalam tiga keping VCD berisi pengajian ilmu Kalam Santriloka. VCD ini sudah berada di tangan Kiai Faqih.

“Ini sangat menyesatkan. Di awal kaset, ada iringan salawat burdah, padahal isinya penistaan Islam,” kata kiai yang biasa dipanggil Gus Fakih ini.

Dalam salah satu pidatonya, seorang lelaki menyatakan umat Islam tidak perlu berpuasa di bulan Ramadan. “Puasanya umat Islam itu, di bulan Jawa kesembilan Bulan Selo. Gusti Allah tidak pernah menyuruh puasa bulan Ramadan,” kata seorang pria di VCD itu dengan nada tinggi.

Lelaki itu juga menyatakan tidak ada gunanya umat Islam berdzikir ‘Laa Ilaaha Illa Allah’ setiap hari. “Meski sejuta orang wiridan, Gusti Allah itu tetap saja satu. Kalau bisa beranak, berarti Gusti Allah punya puting susu,” kata lelaki itu disambut tawa sejumlah orang di VCD itu.

Menurut Gus Fakih, di Mojokerto terdapat aliran Santriloka ini. Terutama berbasis di Jalan Empu Nala dan kawasan Panggerman, Kota Mojokerto.

Selain meminta polisi melacak dan melarang keberadaan pengajian ini, Gus Fakih juga meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat menyikapi komunitas ini. “Kami khawatir atas reaksi umat, jika melihat VCD ini secara langsung,” kata Gus Fakih.
_____________________________

MUI Jatim: Perguruan Santriloka Sesat dan Harus Dibubarkan!

Menanggapi munculnya perguruan Ilmu Kalam Santriloka, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur bersikap tegas, menyatakan perguruan ini jelas sesat dan harus dibubarkan. Perguruan santriloka mengklaim sebagian isi al-Qur’an sesat dan membahayakan persatuan dan kesatuan ummat.

Aliran ini juga meyakini Al-Quran yang beredar di Indonesia dan negara-negara Islam bukan dari Bahasa Arab. Melainkan Bahasa Kawi, Bahasa Sansekerta dan Bahasa Jawa Kuno.

Perguruan santriloka mengklaim sebagian isi al-Qur’an sesat dan membahayakan persatuan dan kesatuan ummat.

Menurut penuturan ketua MUI Jatim, KH. Abdus Shomad Buckhori, ajaran perguruan Santriloka jelas sesat karena menyelisihi Islam. Harus dibubarkan karena melakukan penodaan agama. Jika pimpinan dan santri perguruan itu mengaku Islam harus diajak bertobat dan kembali ke jalan yang benar.

Kiai Abdus Shomad juga menegaskan, aliran ini bisa dituntut dan dipidanakan. Jika terbukti melecehkan agama bisa dituntut hukuman 5 tahun.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat juga telah menyatakan bahwa ajaran Perguruan Santriloka menyimpang dan sesat. Pernyataan MUI ini didasarkan pada penjelasan yang diberikan Pengasuh Perguruan Ilmu Kalam Santriloka, Kiai Ahmad Naf’an (Gus Aan).

“Itu menyimpang dan pasti sesat,” kata Ketua MUI Bidang Fatwa, Ma’ruf Amin, Rabu (28/10/2009).

Menanggapi pernyataan MUI Jatim, pengasuh Perguruan Ilmu Kalam Santriloka, Kiai Ahmad Naf’an (Gus Aan) meminta para ulama dan kiai tidak terburu-buru menuduh ajarannya sesat. Bahkan dia menantang siap dipotong leher dan dihukum mati jika terbukti sesat.

Namun, jika nantinya ajarannya ternyata tidak sesat, dan sebaliknya pihak Santriloka bisa membuktikan kesesatan para kiai, maka hukum potong leher berlaku bagi para kiai dan santri. “Kalau ulama itu yang sesat, maka harus dipotong leher mereka beserta para santri,” kata Gus Aan.

Hanya saja, Gus Aan menyaratkan hukum potong leher itu harus dilakukan negara melalui Departemen Agama atau Pengadilan Negeri. “Tapi yang memotong leher bukan saya, melainkan Departemen Agama dan Pengadilan,” kata Gus Aan.

Sebelumnya, Gus Aan menyatakan salat seperti yang dilakukan umat Islam bukan perintah Allah. Karena bukan perintah, Gus Aan menyarankan para santrinya tidak perlu salat.

Gus Aan menyatakan salat seperti yang dilakukan umat Islam bukan perintah Allah. Karena bukan perintah, Gus Aan menyarankan para santrinya tidak perlu salat.

Perguruan ini juga mengecam ibadah haji yang dianggap sebagai pembodohan Bangsa Arab terhadap Bangsa Indonesia.

Komunitas Perguruan Ilmu Kalam Santriloka ini juga memperkenalkan 4 jenis salat. Yakni Salat Maghrib, Isya, Subuh dan Dhuhur. Namun ke-4 jenis salat itu, tidak sama dengan salat umat Islam. Begitu pula salat Ashar juga tidak dikenal di komunitas ini.

Menurut Aan, Maghrib berarti Mageri Urip (Membentengi hidup) dengan budi pekerti, Isya berarti isak-isakno (Sebisa mungkin) berbuat baik kepada sesama, Subuh berarti ojo kesusu labuh (Jangan tergesa-gesa ke sawah) dan Dhuhur berarti nduweni budi luhur (Bermoral).

“Karena salat Ashar itu perintah agar tidak tersesat, maka salat Ashar tidak ada,” kata Gus Aan.

Jika sudah bisa melakukan 4 jenis salat itu, maka tidak perlu salat Ashar, yang berarti ojo kesasar (Jangan tersesat). “Karena salat Ashar itu perintah agar tidak tersesat, maka salat Ashar tidak ada,” kata Gus Aan menyatakan salat komunitas ini tidak seperti umat Islam lainnya. (Voa-Islam)

231 Tanggapan to “Perguruan Santriloka Kecam Al-Quran dan Haji”

  1. andy said

    Mr. Jhony walker

    Saya tahu anda orang pintar dalam keyakinan anda.
    Saya hanya mengingatkan, gunakanlah sopan santun dalam berpendapat, niscaya ilmu anda dapat bertambah. Jangan mengeluarkan kata-kata yang tidak baik.
    Jika anda merasa hebat dalam bidang agama maka tunjukkan kalau anda adalah seorang yang berilmu dengan mengedepankan perdamaian.
    Mohon Maaf jika saya berada dalam masalah ini.
    Sekali lagi ini hanya sekedar mengingatkan sesama.
    Wassalam

  2. adibagol said

    Mr. Jhony Walker.

    anda memang pintar dan luwes.
    tapi sayang anda salah besar.
    agama yang ada di dunia ini hanya 1 (satu) yaitu ISLAM, saya hanya menyarankan agar anda berfikir masak2. agar anda tidak menyesal di kemudian hari.

    salam buat Tuhanmu ya…….. IoI

  3. dmxry said

    Kebohongan serta kesesatan ahli-ahli kitab (injil)

    “janganlah kamu sangkakan aku datang hendak merombak hukum Taurat atau kitab nabi-nabi: bukannya aku datang hendak merombak, melainkan hendak menggenapinya, karena sesungguhnya aku berkata kepadamu, sehingga langit dan bumi lenyap, satu noktah atau satu titikpun sekali-kali tiada akan lenyap dari pada hukum Taurat itu sampai semuannya jadi” (Matius 5; 17,18).
    Dengan penjelasan ayat diatas, bahwasannya almasih(yesus) bukan seorang nabi untuk seluruh umat manusia. Apa yang diajarkan oleh nabi musa a.s dan nabi-nabi dulu itu sudah jelas, hanya saja penyiar-penyiar Kristen pergi keseluruh dunia untuk menyiarkan ajaran almasih atau hendak menambah-nambah ajarannya (membuat injil palsu [perjanjian baru])? Dengan mengatakan itu berasal dari almasih.
    Pada dasarnya almasih tidak bermaksud menyampaikan ajarannya kecuali kepada bani israil. kita berujuk kepada ayat diatas, bahwasannya kenapa perilaku ahli kitab sekarang (rahib-rahib pada sekarang) tidak sejalan dengan ayat diatas. Kedatangan almasih pada saata itu tujuan dakwahnya tidak lain hanyalah mengajarkan kepada 7 umatnya bahwasannya Allah itu Esa (Tauhid). Tapi kenapa dizaman sekarang kepercayaan mereka berubah dengan kedatangan orang-orang yang mengaku utusan almasih (paus bredektius XVI, uskup, etc) mereka mengajarkan Tri tunggal (Allah itu tiga). Hal itu bertentangan dengna ajaran yang dibawa almasih?. Itulah kesesatan yang nyata dari ahli-ahli kitab yang memutar balikkan apa-apa yang disampaikan oleh injil, mereka seakan-akan (mengaku-ngaku) bahwa apa yang disampaikan itu berasal dari almasih, tapi semua itu adalah bohong belaka.tujuan mereka tidak lain hanyalah menyesatkan manusia.
    Bukankah kedatangan almasih (pada zaman raja horodes) sudah jelas sebagai peringatan kepada manusia tentang arti tauhid itu sendiri. Tapi kebanyakan dari domba-domba (umat) bani israil tidak mengetahui. Mereka seakan percaya bahwa almasih anak Allah, Maryam a.s istrinya Allah, “Allah itu tidak beranak dan tidak pula dieperanakkan”. (Q.S. Al-ikhlas:3). Hal tersebut merupakan fitnah-fitnah yang keji yang sengaja dilemparkan kepada almasih

  4. wawan said

    kalo ingin tahu kndungan alqur’an , tafsirnya dg mursyid. jgn di slimur2kan dlm bhs jwa,, n cari hakikat nya. (jawa: hamemayu hayuning bawono, islam: rahmatan lil alamin)

  5. yang penting punya TUHAN said

    woy ayat Al Qur’an dan ALKITAB kalian semua tau tapi inti’a kali singkirkan. MAU TAHU?

    adalah:KASIH.

    kalian semua berdebat soal agama untuk apa?untuk menganggap kalian benar sorry TUHAN gak akan senang mending u semua lebih menghargai perbedaan dan mendekat pada TUHAN dari pada mencacimaki gak penting.karna mau agama u apa kek yang bisa buat u masuk surga diri u karna gimana u mau masuk surga?omongan u pada gak bener gak tau inti ajaran dari TUHAN untuk mengasihi sesama baru TUHAN PERCAYA U MENGASIHI DIA ALLAH semesta.

    u semua berdebat saling ngatain emang TUHAN seneng? yang seneng setan.u harus waspada sama setan wlau u tahu/afal semua ayat suci tapi gak tau intinya apa dan tidak menjalankan’a sama ja u sama pembohong sorry mending kita semua belajar mengasihi dan instropeksi diri.salam

    terserah u mau baca dan mau bilang w apa? tapi w percaya TUHAN itu ada dan mengasihi kita dan sepeti seorang bapa yang menjaga anak” tidak mau anak’a celaka ataupun betengkar.oke

  6. rino said

    ah cu,,, kasihan amat sih lu jadi orang,,,,

    ni,, nih ajaran kaum pluralisme kaia gini nih,,

  7. sandiwara said

    aq sebagian setju ama gus aan, pahala itu hanya pepesan kosong. kta memang dibohongi orng arab

  8. Damai Itu Indah said

    Kecam Pembakaran Alquran, Gereja Sumbang 100 Quran
    Jum’at, 13 Agustus 2010 – 14:37 wib
    Fahmi Firdaus – Okezone

    JAKARTA – Sebagai upaya menentang rencana pembakaran Alquran di Florida, Amerika Serikat memperingati tragedi serangan 11 September, Persatuan Gereja Indonesia dan Konfrensi Waligereja Indonesia, menyumbangkan ratusan Alquran.

    Koordinator Gerakan Peduli Pluralisme (GPP) Damian Dematra mengatakan, sumbangan Alquran ini sebagai simbolisasi perjuangan melawan hari pembakaran Alquran sedunia yang dicanangkan sebuah kelompok gereja di Gainesville, Florida, AS, beberapa waktu lalu.

    “Kami dari GPP mengkoordinir acara gereja menyumbang Alquran yang diwakili oleh Pendeta Yewangoe, Ketua Umum PGI dan MGR Sitomorang, Ketua Umum Konfrensi Waligereja Indonesia, sebagai perwakilan gereja kepada Muhammadiyah,” ujar Damian di Gedung Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/8/2010).

    Dari pihak Muhammadiyah diwakilkan langsung oleh ketuanya, Din Syamsuddin.

    Menurut Damian, Alquran yang disumbangkan akan diberikan kepada para narapidana Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa di penjara Australia.

    Untuk penyalurannya, Muhammadiyah akan bekerja sama dengan gereja-gereja di Australia. Hal ini merupakan simbolisasi bahwa Indonesia menjungjung tinggi nilai-nilai kerukunan antarumat beragama.

    Dia menambahkan gerakan yang dilakukan Pastor Terry Jones yang mencanangkan hari pembakaran Alquran untuk memperingati tragedi penyerangan 11 September itu, ditentang oleh mayoritas warga Amerika Serikat.

    Damian menuturkan jumlah Alquran yang diberikan sejauh ini sebanyak 100 buah, namun akan bertambah lagi.
    (ton)

    ~~(seharusnya kalian yang berdebat masalah agam sadar,, klo yang kalian lakukan itu salah besar,, seharusnya kalian malu dengan apa yang dilakukan oleh pemuka Agama dari masing2 agama kalian seperti berita di ata terkait isu hari pembakaran Al-Quran)~~
    salam damai.. piss..

    wassalam..

  9. Aw, this was a really quality post. In theory I’d like to write like this also – taking time and real effort to make a good article… but what can I say… I procrastinate alot and never seem to get anything done… Regards…

  10. mauviel said

    Hi there I like your post

  11. Thanks for sharing this infomation

  12. Apa yang dilakukan sdr.Aan Umat Islam tidak perlu menanggapi sebagaimana dengan Ahmadiyah, cukup MUI Mojokerto melaporkannya kepolisi sebagai tindakan yang tidakan yang menyenangkan orang, perbuatan Sdr.Aan adalah kriminal murni tidak ada hubungan dengan keyakinan seseorang atau boleh dikata temperamental karena Aan tidak mampu menghadapi beban hidupnya sehingga Aan meluapkan emosinya terhadap ajaran Islam!

  13. Ralat

    melaporkannya kepolisi sebagai tindakan yang tidak menyenangkan orang, perbuatan Sdr.Aan adalah kriminal murni tidak ada hubungannya dengan keyakinan.

  14. sungguh ironi said

    yang penting punya TUHAN berkata
    12/01/2010 pada 22:24

    woy ayat Al Qur’an dan ALKITAB kalian semua tau tapi inti’a kali singkirkan. MAU TAHU?

    adalah:KASIH.

    =================================
    anta sudah pernah mengkaji Al Qur’an?
    dalam urusan muamalat ya, semua agama diperbolehkan membaur, tapi urusan aqidah, maaf sekali tidak ada toleransi. urus aqidah agama masing-masing, jangan “yang penting punya tuhan”.

    Damai Itu Indah berkata
    08/09/2010 pada 11:53

    Kecam Pembakaran Alquran, Gereja Sumbang 100 Quran
    Jum’at, 13 Agustus 2010 – 14:37 wib
    Fahmi Firdaus – Okezone

    =====================

    bagus sekali jika hal tersebut benar, namun yang perlu diperhatikan, apakah Al-Qur’an yang disumbangkan benar-benar murni Al-Qur’an atau ada sempalan atau dipotong-potong, untuk itu perlu ada pengecekan Al-Qur’an hibah tersebut oleh ulama dan para hafidz (penghapal Al-Qur’an)

  15. Bonjour tout d’abord bravo pour votre site que j’ai parcouru avec plaisir. cet article a retenu tout mon attention car je le trouve bien r�dig� et tres int�ressant. d’habitude je ne commente pas les sites mais aujourd’hui je prends quelques instants pour le faire. Je vous contacterais pour faire un �change de lien avec mon propre site. En esp�rant vous lire bientot.

  16. Right in such a write-up, I actually feel this site wishes for far more attention. I’ll apt to be repeatedly to educate yourself more, thank you for that important information.

  17. This web site is a top notch marketers.

  18. You’ve made me and my friends untimely designed for work here. Excellent blog, just protected the application for lots more research!

  19. My brother implied I would personally in some cases prefer that blogging site. This individual were previously all together right. This submit truly constructed the daytime. It’s hard to think merely tips about how a huge amount of time We invested to the details! Cheers!

  20. Fantastic web page!

  21. Excellent weblog, appreciate you crafting th is normally hand in

  22. Aw, this became a highly good publish. The theory is that I’d love to create this way in addition ( blank ) spending time as well as genuine work to create a fine article… nonetheless exactly what do I actually say… My partner and i waste time a large amount and do not appear to have one matter done.

  23. sesat2

  24. Anonim said

    QS AL FUSSILAT 44:Dan jikalau kami jadikan Al Qur’an itu suatu bacaan dalam bahasa selain bahasa Arab tentulah mereka mengatakan :”Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?”.Apakah (patut Al Qur’an)dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang)Arab?.Katakanlah:”Al Qur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman.Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan,sedang Al Qur’an itu suatu kegelapan bagi mereka).Mereka itu adalah(seperti)orang-orang yang dipanggil dari tempat jauh”. (yang dimaksud suatu kegelapan bagi mereka ialah tidak memberi petunjuk kepada mereka)

  25. madura said

    QS AL FUSSILAT 44:Dan jikalau kami jadikan Al Qur’an itu suatu bacaan dalam bahasa selain bahasa Arab tentulah mereka mengatakan :”Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?”.Apakah (patut Al Qur’an)dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang)Arab?.Katakanlah:”Al Qur’an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman.Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan,sedang Al Qur’an itu suatu kegelapan bagi mereka).Mereka itu adalah(seperti)orang-orang yang dipanggil dari tempat jauh”. (yang dimaksud suatu kegelapan bagi mereka ialah tidak memberi petunjuk kepada mereka)

  26. madura said

    QS AL FUSILLAT 52:Katakanlah:”Bagaimana pendapatmu jika (AlQur’an) itu datang dari sisi Allah,kemudian kamu mengingkarinya.Siapah yang lebih sesat dari pada orang yang selalu berada dalam penyimpangan yang jauh?”.

  27. madura said

    QS AL ANKABUT 46: Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab,mwlainkan dengan cara yang paling baik,kecuali dengan orang-orang zalim diantara mereka,dan katankanlah:”Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu;Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu;dan kami hyanya kepada-Nya berserah diri.”

  28. […] https://kabarnet.wordpress.com/2009/10/29/perguruan-santriloka-kecam-al-quran-dan-haji/ […]

  29. Rasanya tidak perlu berkepanjangan. Kita ikut2an bodoh jika terlibat debat kusir dengan mereka.

  30. pesantren said

    http://al-badar.net

    I have been exploring for a little for any high quality articles or weblog posts on this sort of house .
    Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this website.
    Studying this info So i am satisfied to show that I’ve an incredibly
    just right uncanny feeling I discovered exactly what I needed.
    I most without a doubt will make certain to do not forget this web site and give
    it a glance regularly.

  31. gaming backlinks

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.