KabarNet

Aktual Tajam

Tokoh JIL Luthfie Assyaukanie Menilai, Kesalahan Lia Eden Sama dengan Kesalahan Nabi Muhammad SAW

Posted by KabarNet pada 18/02/2010

Jakarta – Saksi ahli pemohon kasus penghapusan UU Penodaaan Agama, Luthfie Assyaukanie menilai kasus Lia Eden sama dengan awal penyebaran Islam oleh nabi Muhammad SAW. Selain itu, tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL) ini menilai negara tidak perlu campur tangan dalam beragama dan keimanan seseorang.

“Apa yang dilakukan oleh Lia Aminudin, sama seperti yang dilakukan Nabi Muhammad. Kesalahan Lia sama dengan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad waktu munculnya Islam,” kata Luthfi Assyaukanie dalam sidang MK di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu, (17/2/2010) .

Luthfie yang mendirikan JIL bersama Ulil Abshar Abdalla ini juga menilai negara tidak boleh mengatur penafsiran agama. Dia memberikan contoh Hambali, pendiri Madzhab Hambali juga dipenjara karena beda penafsiran agama.

UU 1/1965, kata dia, mendorong kekacauan. Siapa yang membuat kerusuhan dan keonaran adalah mereka yang merasa secara absah membuat kebrutalan karena UU tersebut.

“Siapa bilang negara ini memiliki kebebasan agama? Seperti data Freedom House dan Freedom Institute, Indonesia teratas dalam ketidakkebebasan beragama. Selama mereka mempunyai dasar hukum, maka mereka susah diberantas. Negara maju tak mengurusi iman seseorang,” beber peraih PhD tentang Studi Islam dari Melbourne University Australia itu.

Penyataan Luhfie membuat suasana sidang di MK memanas. Pihak terkait dari Muhammadiyah, NU, MUI, DDII pun sontak langsung mengajukan keberatan dan pertanyaan. Sidang hingga saat ini masih berlangsung. “Munafik!,” teriak massa dari balkon sidang. (detikNews)

Ini jelas kasus penghinaan terang-terangan kepada Nabi, bukankah Nabi Muhammad SAW itu dalam keyakinan semua ummat Islam se jagad, adalah hamba Allah yang terjaga dari kesalahan atau ‘maksum’. Selagi menyamakan beliau saja dengan Lia Eden sudah perkataan yang keterlaluan, apalagi menyamakan beliau dalam perbuatan melakukan kesalahan seperti kesesatan yang telah dilakukan oleh Lia Eden. Apa sdr. Asyaukanie mau menuduh nabi ummat Islam itu melakukan praktek ajaran sesat seperti halnya Lia Eden?

Saudara Luthfi Assyaukanie tak cukup hanya meralat ucapannya itu dan meminta maaf, karena yang dilakukannya sudah menyangkut pelecehan dan penghinaan terhadap agama yang diakui resmi di negara ini, yaitu Islam dan ummat Islam. Itu sudah masuk ranah pidana, karena masuk katagori penghinaan keyakinan orang lain……………………………………………..


150 Tanggapan to “Tokoh JIL Luthfie Assyaukanie Menilai, Kesalahan Lia Eden Sama dengan Kesalahan Nabi Muhammad SAW”

  1. RASIONAL said

    Batang betik di tepi pagar,
    buah rambutan merah berseri.
    Orang baik mudah diajar,
    bagaikan duri tajam sendiri.

    Jelas tertulis dalam Matius,
    Yahudi kejam membunuh Yesus.
    Tapi si dungu buta hatinya,
    menyembah Yahudi bagaikan dewa.

    Nyata tertera dalam Korintus,
    Yahudi biadab menyiksa Paulus.
    Hanya orang miring otaknya,
    memuja Yahudi seolah raja.

    Puluhan ayat dalam Al-Qur’an,
    mengutuk Yahudi bagaikan setan.
    Hanya Muslim tolol arogan,
    mengkiblat Yahudi bagaikan Tuhan.

    Berlayar jauh mencari tepian,
    berharap hati tercapai tujuan.
    Ular betina pun telah datang,
    berlidah racun berhati musang.

    …berlidah racun…

    …berhati musang…

    …berlidah racun…

    …berhati musang…

  2. RASIONAL said

    @Hitler !
    @Barnabas (Wakil Nabi)
    @Psikiater
    @Mas Tho

    Anak nelayan bermain jala,
    pukat dan kail dibuat rantai.
    Hitler nan gagah tak sadar juga,
    muslimah palsu … ternyata lihai.

    Pandai berenang ikan tengiri,
    akhirnya jadi masakan juga.
    Barnabas cerdik tak sadar diri,
    ular betina … bersandiwara.

    Angin nan sejuk silir membelai,
    membuat hati iba dan suka.
    Dokter jiwa terkadang lalai,
    pasien betina … bermuka dua.

    Langit nan biru tampak kelabu,
    pelangi indah merubah warna.
    MasTho nan kritis juga tak tau,
    si lidah racun … mengecoh dia.

    …ternyata lihai…

    …bersandiwara…

    …bermuka dua…

    …mengecoh dia….

  3. RASIONAL said

    @Hitler !
    @Barnabas (Wakil Nabi)
    @Psikiater
    @Mas Tho

    Tanam padi di sawah bendang,
    menanti masuk bilangan tahun.
    Jika pandai menilai orang,
    tak kan tertipu sepanjang setahun.

    Trampil sekali bermain panah,
    busur direntang si anak raja.
    Tampil di sini aku muslimah,
    Di blog tetangga tampak belangnya.

    Laksamana gagah perkasa,
    letih berperang terlena jua.
    Sebulan penuh kita puasa,
    akhirnya pasti berhari raya.

    Lasykar pengintai menghapus jejak,
    tidak waspada kalah laganya.
    Kalau lah abang si orang bijak,
    Satu Syawal empunya blognya.

  4. SMA Negeri 9 berkata
    22 Maret 2010 pada 01:44

    @Jhony Walker

    Huah….ha.. haaa… tadinya aku kira kau itu orang gila alias saraf alias setrip. Ssdh mbaca tulisanmu ternyata kau itu disamping gak waras juga TOLOL. Apa gunanya kau copas terjemahan Quran yg gak kau pahami itu? Terus dgn kau copas terjemahan Quran lantas kau merasa sdh jago en pintar gitu? Jangan lagi cuman segitu, biar seluruh kitab AlQuran kau copas disini ga ada yg kagum sama kau sebab adikku yg kelas 6 SD lebih pintar dari kau kalo cuman copas sana copas sini. Percuma ga ada yg mbaca copasmu, orang males mbaca copasan panjang2 ga mutu kaya gitu.

    Sekarang aku mau ngerjain PR dulu. Nanti sebentar lagi aku tunjukin ketololanmu yg lain. Tunggu ya jangan pergi.

    JAWAB;

    Kau bilang adikmu yg kelas 6 SD lebih pintar?????? Coba tanyakan sama adikmu yang kelas 6 SD lebih pintar itu, apakah dia bisa menjelaskan BAGAIMANA SIH KISAH SESUNGGUHNYA TENTANG ALLAH MENGIRIM topan, belalang, kutu, katak dan darah, KEPADA BANGSA MESIR KETIKA BANGSA ISRAEL KELUAR DARI TANAH MESIR?????? KALAU ADIKMU ITU BISA MENJELASKAN, MAKA TARUHANNYA; SAYA AKAN KEMBALI KE ISLAM.

    DALAM SURAT 7 Al A’raaf:133, BERIKUT INI KAN DIKATAN ALLAH kirimkan kepada mereka topan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas,

    133- Maka Kami kirimkan kepada mereka topan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa. (7 Al A’raaf:133)
    Dalam bahasa Arab dikatakan:
    Fa arsalnaa ‘alaihimuth thuufaana wal jaraada wal qummala wadh dhafaadi’a wad dama aayaatim mufashshalaatin fas takbaruu wa kaanuu qaumam mujrimiin. (7 Al A’raaf:133)

    DALAM ALKITABKU MULAI KEL 7:14 S/D KEL 10: 29; KHAN DENGAN JELAS DIKATKAN BAGAIMANA TULLAH ITU DIBERIKAN KEPADA BANGSA MESIR, SEHINGGA AKHIRNYA BANGSA ISRAEL DIIJINKAN OLEH FIRAUN KELUAR DARI TANAH MESIR, NAH…. KAU KAN SERING BILANG KALAU ALKITABKU ITU SUDAH DIPALSUKAN. NAH SEKARANG COBA KAU JELASKAN BAGAIMANA SIH KISAHNYA YANG SESUNGGUHNYA TENTANG ALLAH MENGIRIM topan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, ITU????

    ATAU MUHAMMAD NABIMU ITU HANYA TAU JUDULNYA THOK????

    KALAU KAU BILANG ALKITABKU ITU SUDAH DIPALSUKAN, BERARTI AL QUR’AN MU ITU JUGA PALSU DONG.

  5. Barnabas (Wakil Nabi) berkata
    22 Maret 2010 pada 11:15

    @ all moslem:

    Harap dimaklumi si Jhony Walker kalau belum beradab. Nenek moyangnya, 160 tahun lalu, masih makan orang. Jadi wajar jika kata-katanya seperti itu, maklum masih ada sisa-sisa gen warisan nenek moyangnya. Jadi hingga kini, kira-kira baru 4 generasi yang tidak makan orang. Jadi, ya diharap maklum.

    JAWAB;

    HAI Barnabas (Wakil Nabi) GOBLOK… KENAPA KAU ENGGAK BERANI MENAMPILKAN POSTINGKU KARENA KUKATAKAN…. KALAU AKU BELUM BERTOBAT, MAKA KAU PUN KUMAKAN.

  6. Barnabas (Wakil Nabi) said

    Ha… ha… ha… Tuh, kan si tolol sudah mengaku suka makan orang. Memang secara genetik empat generasi belum cukup untuk menghilangkan sifat asli nenek moyangnya. Pasti masih saja ketinggalan sisa-sisanya. Ha… ha… ha… Minimal ciri-ciri buasnya masih nampaklah, walaupun mengaku sudah tobat. Hei pandir, tobat itu diwujudkan dalam prilaku, bukan dengan klaim.

  7. Hitler berkata
    22 Maret 2010 pada 11:25

    @Jhony Walker

    DAN INI BELUM SEMUA HITLER! BARU SEBAGIAN KECIL YANG SAYA KONFRONTASIKAN ANTARA ALKITABKU DAN AL QUR’AN MU. DAN SUDAH SANGAT JELAS KELIHATAN KALAU AL QUR’AN MU ITU HASIL JIPLAKAN MUHAMMAD DARI ALKITABKU. KALAU KAU BILANG PIPIN DAN FITRI MASIH PERLU MANDALAMI ISLAM, MAKA SAYA YAKIN MEREKA SUDAH MENGETAHUI LEBIH DALAM DENGAN MEMBACA POSTINGKU INI, TERNYATA AL QUR’AN MU ITU TIDAK LEBIH DARI BUKU SAMPAH YANG DIJIPLAK DARI ALKITAB ORANG KRISTEN.

    Hitler :

    JIPLAK ?

    Ha, ha, ha, haaa ….. Makin kentara aja begonya.

    Itulah Al-Quran penyempurna semua kitab-2 suci yang pernah diturunkan sebelumnya, Dzabur, Taurat dan Injil.

    JAWAB;

    HAHAAAA…. Al-Quran penyempurna semua kitab-2 suci???????? JADI KARENA BELAKANGAN ADA, MAKA PENYEMPURNA YANG SUDAH ADA?????

    NIH …. SAYA BERI TAHU KAU YAA…. ADA WAHYU YANG LEBH ANYAR…..

    JIBRIL MEWAHYUKAN KEPADA SAYA ; KALAU MUHAMMAD MATI KARENA DIRACUN OLEH ISTRI-ISTRINYA YANG SALING CEMBURU.

    YANG KEDUA; JIBRIL MEHWAHYUKAN KEPADA SAYA ; KALAU MUHAMMAD ITU PEMBOHONG BESAR, DIA NGAKU NABI PENUTUP SUPAYA BISA NGESEX DENGAN ZAINAB.

    YANG KETIGA; JIBRIL MEWAHYUKAN KEPADA SAYA; KALAU MUHAMMAD ITU PEMBOHONG BESAR KARENA APA YANG DIA SAMPAIKAN ITU DIA BACA DARI ALKITAB ORANG KRISTEN.

    JADI INILAH WAHYU YANG PALING ANYAR HITLER. INILAH WAHYU YANG LEBIH SEMPURNA LAGI.

    Hitler berkata
    22 Maret 2010 pada 11:25

    Anak sekolahan juga tau, dimana-mana kalau mau ngejiplak, itu sama yang JAUUUUUUUUUUUUUH lebih bagus, lengkap, benar dan bermutu !

    Bukan yang NGACO macam kau punya !

    JAWAB;

    TAPI YANG NAMANYA PLAGIAT TETAP PELAGIAT.

    Hitler berkata
    22 Maret 2010 pada 11:25

    Punya kau yang kau anggap DIJIPLAK itu ngomong intinya ngomong :
    Matahari beredar mengelilingi bumi, jadi bumi pusat tata surya.

    Sedangkan yang kau anggap ngejiplak punya kau itu intinya ngomomg :
    Bumi beredar mengelilingi matahari, jadi matahari pusat tata surya.

    Tapi ternyata Walker, sayang 1000 pangkat 1000 sayang, Galileo Galilei dengan ilmu pengetahuan modernnya intinya ngomomg begini :

    Matahari adalah pusat tata surya sehingga semua planet di tata surya ini beredar mengelilingi matahari. Bukan bumi !

    Gara-gara kebegoan ini, Kaisar Napoleon Bonaparte setelah membaca Yosua sampai berkata :

    The science which proves to us that the earth is not the centre of the celestial movement has struct a great blow at religion.

    Ilmu pengetahuan telah membuktikan kepada kita bahwa bumi bukanlah pusat tata surya.

    Kasiaaaan deh luh, makin kentara aja begonya.

    Mana ada yang mau jiplak buku macam kau punya itu Walker,

    Ngimpi kali yee ?

    Itu baru satu Walker !

    JAWAB;

    HAHAAA….. KARENA KAU GOBLOK HITLER… KAU DENGAN MUDAH SEKALI TERMAKAN BUALAN Dr. NAIK ZAKIR. SEBAB KAU SENDIRI TIDAK PERNAH MEMPELAJARI AL QUR’AN MU SENDIRI. DAN SAYA KETAWA TERBAHAK-BAHAK MEMBACA BEGITU BANYAK ORANG ISLAM YANG GOBLOK-GOBLOK DI INTERNET KARENA MEREKA SANGAT BANGGA DENGAN BUALAN Dr. ZAKIR NAIK. TAPI KAU DAN MEREKA TIDAK PERNAH MEMPELAJARI AL QUR’AN MU SENDIRI. JADI KAU ITU MALU-MALUIN HITLER.

    SIAPA BILANG KALAU AL QUR’AN MU ITU BILANG BAHWA Matahari adalah pusat tata surya sehingga semua planet di tata surya ini beredar mengelilingi matahari. Bukan bumi ??????????? KAU ITU BELAJAR DARI MANA HITLER?????? KAU ENGGAK TAU YAAAA …. DIMANA AYATNYA DI AL QUR’AN MU YANG BILANG BAHWA MATAHARI DAN BULAN YANG MENGELILINGI BUMI???? NIH BACA AYATNYA……

    2- Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu. (AR RA’AD:2)

    JADI JELAS YAA…. matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. JADI BUKAN Matahari adalah pusat tata surya sehingga semua planet di tata surya ini beredar mengelilingi matahari. ATAU BUMI YANG BERPUTAR MENGELILINGI MATAHARI.

    33- Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang. (IBRAHIM:33)

    JADI JELAS YAAA….. KALAU matahari dan bulan yang terus menerus beredar.

    33- Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya. (AL ANBIYA:33)

    JADI JELAS YAAA…..KALAU matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.

    29- Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (LUQMAN:29)

    JADI JELAS YAAA….. matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan. BUKAN BUMI YANG MENGITARI MATAHARI.

    13- Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nya lah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari. (FATHIR:13)

    JADI JELAS YAAA…. matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan.

    38- dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (YAA SIIN:38)

    JADI JELAS YAAA…. KALAU matahari berjalan di tempat peredarannya.

    5- Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (AZ ZUMAR:5)

    JADI JELAS YAAA….. matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan.

    5- Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan. (AR RAHMAAN:5)

    JADI JELAS YAAA…. KALAU Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.

    JADI SEBENARNYA…. KALAU SEANDAINYA Galileo Galilei HIDUP PADA MASA MUHAMMAD, MAKA SUDAH JELAS JUGA LEHER Galileo Galilei PASTI PUTUS. KARENA BERTENTANGAN DENGAN WAHYU PALSU MUHAMMAD.

  8. Caplin berkata
    22 Maret 2010 pada 10:13

    @Jhony Walker

    Gara-gara nila setitik, rusak susu sebelangga.
    Gara-gara ulah Jhony Walker seorang, rusak Kristen se-Indonesia.

    SIAL !

    JAWAB;

    TIDAK ADA ORANG KRISTEN YANG RUSAK Caplin!!! YANG RUSAK ADALAH AL QUR’AN ORANG ISLAM. KARENA KEBONGKAR BOHONGNYA.

  9. SATU LAGI HITLER….. KALAU MEMANG KITAB YOSUA ITU SALAH, MAKA NABIMU NABI MUHAMMAD MENJIPLAK YANG SALAH. JELAS??????

  10. GIMANA… HITLER….. MASIH BERANI BILANG KALAU SAYA CUMA TAU SEPOTONG AYAT?????

  11. Kabayan said

    @Jhony Walker

    GIMANA… HITLER….. MASIH BERANI BILANG KALAU SAYA CUMA TAU SEPOTONG AYAT?????

    HITLER :

    Memang di satu sisi biar bego-bego juga kau ada positifnya, yakni mulai rajin buka-buka kitab suci Al-Quran dan itu satu pertanda positif awal pertobatanmu Walker.

    Tapi sayang 1000 x 1000 sayang Walker, ternyata kalimat terakhirmu memang masih AMAT SANGAT PANTAS dijawab :

    YAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA !!!

    Karena apa, Walker ?

    Karena kau senang melewatkan ayat-ayat kunci kitab suci Al-Quran yang sebenarnya paling bisa menunjukkan bahwa Bumi itu sebenarnya bukan pusat tata surya sebagaimana yang engkau SAVING hingga berkarat si dalam otakmu.

    Semua ayat-2 kitab suci Al-Quran yang kau cuplik berikut ini :

    Surat Ar-Ra’ad Ayat 2 :
    Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.

    Surat Ibrahim Ayat 33 :
    Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.

    Surat Al-Anbiya Ayat 33 :
    Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.

    Surat Luqman Ayat 29 :
    Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

    Surat Fathir Ayat 13 :
    Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nya lah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.

    Surat Yaasin Ayat 38 :
    dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

    Surat Az-zumar ayat 5 :
    Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

    Surat Ar-Rahman Ayat 5 :
    Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.

    Adalah benar sekali sebagai petunjuk-petunjuk dari Allah SWT yang menjelaskan bahwa :

    Benda-2 langit seperti : Matahari, bumi dan bulan itu BEREDAR ! Tidak diam, apalagi diam karena DIGANTUNG DI RUANG HAMPA !

    Tapi seperti LATAHMU yang seringkali kumat saat berkoar-koar Walker, ayat suci yang kau kutip itu ternyata memang belum seluruhnya alias SEPOTONG !

    Orang akan bertanya :
    Jika benda-benda langit dikatakan dalam Al-Quran pada beredar, maka beredar mengelilingi apa ya ? Beredar berarti kan BERGERAK MELINGKAR MENGELILINGI SESUATU. Nah sesuatu yang diedari oleh bulan, bumi dan matahari itu apa ya ?

    Pertanyaan inilah yang menjadi KUNCI UTAMA UNTUK MENJELASKAN apakah bumi itu pusat tata surya atau bukan, walau untuk mencapai pemahaman ini pun masih tergantung kemampuan berfikir seseorang.

    Surat Nuh Ayat 16 :
    “Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita”

    dan

    Surat As-Syam ayat 91 Ayat 1-10 :

    Ayat 1 :
    Demi matahari dan cahayanya di pagi hari,

    Ayat 2 :
    demi bulan apabila mengiringinya,

    Ayat 3 :
    demi siang apabila menampakkannya,

    Ayat 4 :
    demi malam apabila menutupinya,

    Ayat 5 :
    demi langit serta pembinaannya,

    Ayat 6 :
    demi bumi serta penghamparannya,

    Ayat 7 :
    demi jiwa serta penyempurnaannya,

    Ayat 8 :
    maka Dia mengilhamkan kepadanya kejahatan dan ketakwannya.

    Ayat 9 :
    sesungguhnya beruntung orang yang menyucikannya

    Ayat 10 :
    dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.

    Apa makna kedua ayat di atas dalam menjelaskan bahwa bumi bukan pusat tata surya ?

    Seperti dikatakan dalam Surat Nuh Ayat 16,
    bahwa Allah menciptakan bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita.

    Firman Allah SWT di atas memberikan petunjuk pada manusia bahwa jika dilihat dari permukaan bumi bulan dan matahari yang sama-sama terlihat bercahaya sebenarnya mempunyai sifat yang amat berbeda, yakni :

    Pertama :
    Matahari adalah benda langit yang bersifat seperti pelita.
    Pelita adalah menghasilkan cahaya sendiri.
    Jadi matahari adalah sumber cahaya bagi benda-benda langit lain disekitarnya.

    Kedua :
    Bulan adalah benda langit yang bercahaya saja dan tidak seperti pelita yang menghasilkan cahaya sendiri.
    Jadi bulan adalah salah satu benda langit disekitar matahari yang menerima pantulan cahaya dari matahari.

    Kesimpulan pertama :
    Mataharilah yang menyinari benda-benda langit lain di tata surya termasuk bulan dan bumi.

    Sedangkan keenam ayat pertama dari Surat Nuh di atas, yakni :

    Ayat 1 :
    Demi matahari dan cahayanya di pagi hari,

    Kata pagi hari disini menunjukkan adanya pergantian waktu yang dialami benda langit lain disekitar matahari, yakni bumi.

    Jika bumi dan benda-2 langit lain mengalami pergantian waktu yang teratur, seperti : waktu pagi, siang dan malam hari itu menunjukkan bahwa bumi disamping beredar mengelilingi matahari sebagai sumber cahaya juga berputar pada porosnya masing-masing.

    Ayat 2 :
    demi bulan apabila mengiringinya,

    Kata “nya” pada kalimat “demi bulan apabila mengiringinya” menunjukkan bahwa bulan BEREDAR MENGELILINGI BUMI yang mengalami masa pagi hari dalam pergantian waktunya yang ditunjukkan dalam ayat sebelumnya, yakni bumi dalam ayat 1.

    Karena pada ayat 1 telah ditunjukkan bahwa bumi beredar mengelilingi sumber cahaya, yakni matahari, maka jika bulan yang beredar mengelilingi bumi itu juga secara otomasit berdasarkan hukum-2 fisika akan terbawa beredar juga mengelilingi matahari bersama bumi.

    Ayat 3 :
    demi siang apabila menampakkannya,

    Sama dengan penjelasan di atas namun lebih menjelaskan peristiwa dimana bumi dalam perputaran pada porosnya dan peredarannya mengelilingi matahari sedang mengalami pergantian waktu di mana matahari BERADA di atas permukaan bumi yang disinarinya.

    Ayat 4 :
    demi malam apabila menutupinya,

    Sama dengan penjelasan di atas namun lebih menjelaskan peristiwa dimana bumi dalam perputaran pada porosnya dan peredarannya mengelilingi matahari sedang mengalami pergantian waktu di mana matahari TIDAK BERADA di atas permukaan bumi yang disinarinya.

    Ayat 5 :
    demi langit serta pembinaannya,

    Menunjukkan pada manusia bahwa semua benda-benda langit itu bergerak atau berotasi pada porosnya dan beredar pada pusat edarnya masing-masing secara tertib dan teratur, tidak ada yang berhenti bergerak, bergerak keluar dari garis edarnya atau bergerak dengan arah sebaliknya yang bisa menyebabkan terjadinya tabrakan antar planet-2 di tata surya (kiamat !)

    Bagaimana agar ke-9 planet di tata surya, yakni Markurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto itu tidak keluar dari garis edarnya, tidak bergerak berlawanan arah dan tidak saling bertabrakan satu sama lain, maka berdasarkan hukum-hukum Fisika mereka harus dalam pergerakannya masing-masing benda-benda langit itu harus bergerak hanya dalam garis edarnya masing-masing secara konstan dan teratur dan HANYA BERPUTAR PADA SATU PUSAT EDAR SAJA, yakni benda langit YANG MEMPUNYAI MASA KERAPATAN TERBESAR di tata surya agar menghasilkan gaya grafitasi benda yang paling besar pula yang bisa menarik dan membuat kesembilan plenet itu tetap beredar di tempatnya dan tidak saling bertabrakan. Benda langit yang ukuran dan kerapatan masanya terbesar di tata surya itu adalah

    M A T A H A R I.

    Matahari terbentuk dari hasil ledakan besar supernova yang menghasilkan gumpalan-2 besar kejutan gas-gas antar bintang. Kejutan-kejutan itu membangkitkan energi yang sangat besar dalam bentuk gelombang radio, panas, cahaya, sinar ultraviolet, sinar X, dan sinar gamma.
    Matahari adalah sebuah bola gas yang sangat besar.
    Mengapa disebut bola gas? Karena bentuknya persis seperti bola dan merupakan gumpalan gas-gas yang amat panas. Bahkan pada terasnya, di bawah himpitan timbunan bahan yang tekanannya beberapa juta juta ton pada setiap sentimeter persegi, atom gas Matahari masih memiliki sifat gas sehingga bergerak bebas dan menahan himpitan luar biasa yang ditimpakan padanya.
    Matahari itu bukanlah benda padat. Tak ada bagian yang padat di sana. Al-Qur’an menyebutnya “siraaja”. Bisa diartikan pelita. Bisa diartikan api. Semuanya serba gas. Cuma, gasnya lain dengan gas yang ada di Bumi, sebab kerapatannya tinggi sekali. Artinya, sekalipun bahannya terdiri dari gas, namun jarak antar partikel yang berdekatan seolah ‘dempet’. Mampat, begitu.
    Tapi mengapa bisa menggumpal menjadi sebentuk bola besar? Padahal yang kita ketahui selama inikan sifat gas itu mengisi ruang sebesar-besarnya. Jawabnya, jutaan ton gas-gas yang panas yang membentuk Matahari itu mengalami gaya gravitasi (tarik menarik) sehingga seolah gas-gas tersebut diikatnya. Ada kurang lebih 536 kuadrilyun kilometer kubik gas kelewat panas terkandung di dalamnya. Bobotnya saja mencapai lebih dari dua oktilyun ton atau secara awamnya sebut saja dua milyar milyar milyar ton. Padahal dalam pengertian modern Matahari hanyalah seumpama katak dalam kolam tata surya dan satu diantara bermilyar-milyar bintang berukuran sedang lainnya.
    Yang paling menarik adalah bentuk fisik Matahari. Temperaturnya tinggi sekali. Di permukaan saja, temperaturnya 6.000 derajat Celcius. Makin ke dalam makin panas. Bahkan bisa mencapai 15-20 juta derajat Celcius. Akibatnya, semua jenis batuan dan logam tak akan ditemukan di sana. Tak ada yang tahan pada panas setinggi itu. Semua tidak saja mencair, melainkan langsung menguap menjadi gas. Itu sebabnya Matahari tidak padat seperti Bumi. Matahari adalah “siraajaw wahhaja”, pelita/api (gas) yang sangat kuat nyala (energinya). Mengapa? Apa yang menyebabkan demikian bisa terjadi?
    Inilah yang Allah jelaskan dengan kata-simbol “tsaqib” (artinya yang membakar) yang tercantum dalam surat 86 (Ath-Thariq) ayat 3:

    “…yaitu bintang yang membakar (dirinya sendiri)”. (QS. Ath-Thariq 86: 3)

    Bahkan kata “tsaqib” ini tidak hanya berlaku untuk menerangkan proses yang terjadi di dalam teras dan inti Matahari saja. Proses yang sama juga berlangsung pada bintang-bintang lain, yakni reaksi nuklir di pusat bintang di pusat bintang yang ditandai oleh reaksi pembakaran Hidrogen menjadi Helium, atau dengan kata lain proses fusi atom Hidrogen menjadi Helium. Proses ini “bersaudara dekat” dengan reaksi ledakan bom Hidrigen, tetapi reaksi nuklir Matahari tertahan dan terkungkung dalam gas elastis di sekitar inti Matahari yang besarnya beribu-ribu trilyun kilometer kubik.

    Dalam dunia mikro (renik), setiap fusi merupakan urutan tiga macam benturan antar inti atom. Langkah urutan benturan itu tidak sama besarnya. Dalam kenyataan benturan yang pertama hanya dapat terjadi sekali dalam tujuh milyar tahun, benturan kedua sekali dalam empat detik, dan benturan ketiga terjadi sekali dalam 400.000 tahun. Walaupun jangka waktu benturan pertama dan benturan ketiga itu kelihatannya sangat panjang, tetapi jumlah atom yang ada di dalam Matahari begitu melimpah sehingga tiap macam benturan berulang secara konstan (ajeg) dan memungkinkan fusi tersebut berlangsung secara sinambung.

    Pada benturan fusi pertama, duproton –inti Hidrogen yang telah kehilangan elektron pengiringnya- dengan hebat bersatu menjadi Deuterium namanya. Akibat benturan kedua proton itu, laksana bunga api, dua pecahan sisa bahan tadi membawa pergi pusa (momentum) dan muatan listrik yang tidak diperlukan. Satu diantaranya, yakni neutrino, merupakan zarah yang sangat kecil, dalam skala sub atom sekalipun. Zarah ini tidak mempunyai massa maupun muatan listrik dan sangat lambat bereaksi dengan unsur lain. Maka zarah ini langsung menerobos apa saja, dan lolos tanpa meninggalkan noda meninggalkan Matahari, bahkan meninggalkan tata surya.

    Sementara itu pecahan lainnya, yakni zarah yang bermuatan positif, atau positron, tidak dapat bergerak jauh melintasi gas yang tebal dan rapat di sekitarnya tanpa menubruk elektron –yakni zarah yang bermuatan negatif. Apabila tubrukan antara positron dan elektron itu terjadi, maka kedua zarah yang berlawanan itu akan saling membinasakan. Mereka musnah, dan mengeluarkan energi yang amat hebat.

    Inti deuterium yang dihasilkan pada langkah pertama fusi ini terdiri dari proton dan neutron, yakni gabungan zarah yang massanya hampir dua kali massa proton, tetapi sifatnya mudah bereaksi. Pada kesempatan pertama, deuterium akan segera menangkap dan menelan inti Hidrogen yang bergerak lincah di sekitarnya. Dari perkawinan antara kedua benda ini, lahirlah unsur baru, yakni Helium-3 yang terdiri dari dua proton dan satu neutron.

    Dalam benturan antara deuterium dan inti hidrogen tadi, terciptalah energi radiasi sinar Gamma. Sinar ini gelombangnya pendek sekali, tapi tenaganya serta daya tembus dan daya rusaknya paling kuat diantara seluruh spektrum gelombang elektromagnetik yang ada.

    Pada benturan fusi yang ketiga dan terakhir, inti Helium-3 tadi mengatur dirinya untuk menjadi inti Helium-4 biasa, yaitu yang terdiri dari dua neutron dan dua proton. Caranya ialah dengan bergabung bersama zarah Helium-3 lainnya yang juga terbentuk dengan cara yang sama dengan dirinya. Dengan terbentuknya Helium-4 yang relatif stabil ini, berakhirlah proses ‘pembakaran’ inti Hidrogen jadi Helium dengan meninggalkan sisa dua proton. Dua proton sisa ini kemudian akan terpelanting dan akhirnya akan membentur proton lain, dan berfusi (bergabung) membentuk inti deuterium lagi. Dengan demikian proses daur ‘pembakaran’ nuklir itu berulang kembali seperti proses yang telah diuraikan di atas.

    Demikian Allah menetapkan ‘taqdir’-nya sehingga proses transformasi Hidrogen-Helium itu bisa terus berulang, sampai ‘ajal’-nya.
    Masing-masing reaksi fusi tersebut tiap detik mengubah 657 juta ton hidrogen Matahari menjadi 652,5 juta ton abu Helium. Empat setengah juta ton massa yang hilang diubah menjadi sinar Gamma dan neutrino.
    Sinar Gamma yang muncul dari jantung Matahari itu pertama-tama diubah menjadi sinar-X (yakni semacam sinar yang panjang gelombangnya antara 2,7 sampai 270 permilyar sentimeter) dan sinar ultraviolet (yang memiliki panjang gelombang antara 270 permilyar sampai tujuh persejuta sentimeter). Kedua sinar ini membentuk elektron atom hingga atom itu mengeluarkan cahaya kasat mata seperti yang kita alami di bumi ini. Dengan cahaya kasat mata inilah kita bisa melihat isi dunia ini. Dalam hal ini patut kita bersyukur, sebab seandainya sinar gamma yang sampai ke permukaan Matahari itu sebagaimana wujud aslinya,. Maka akibat yang akan terjadi adalah menyebarnya sinar maut ini ke seluruh tata surya. Kita pun tak mungkin bisa hidup.

    Ayat 6 :
    demi bumi serta penghamparannya,

    Menunjukkan kekuasan Allah SWT sebagaii Tuhan Pencipta Alam Semesta yang telah menjadikan bumi dan segenap isi serta seluruh proses alam yang terjadi padanya.

    Kesimpulan

    Tak dapat disangkal lagi Walker,
    Al-Qur’an memang betul-betul “kitab kehidupan”, di dalamnya tidak saja memuat ritus-ritus ibadah, dalam arti sempit, melainkan juga punya porsi yang besar di bidang sosial, budaya, sains dan teknologi. Salah satu diantaranya adalah uraian di atas, yakni berkenaan dengan Matahari dan Bulan, dimana BUMI BUKANLAH PUSAT TATA SURYA, MELAINKAN MATAHARI.

    Dengan jelas, beralasan, dan tepat Qur’an memberikan gambaran “kelakuan” alam semesta. Masalahnya kini tergantung bagaimana manusia mampu menangkap ‘isyarat-isyarat’ yang disampaikan Qur’an itu dengan segala daya dan kemampuan yang dimiliki. Bagaimana ia mampu membaca (iqra’) tidak saja ayat-ayat Qur’aniyyah, tapi juga ayat-ayat Kauniyyah yang tersebar luas pada alam semesta ini. Keduanya penuh simbol-simbol (ayat) realitas objektif yang selalu menantang manusia meraihnya dengan kekuatan (bisulthaan) akal pikiran yang dianugerahkan Allah pada-Nya, sebagai bukti syukur kita pada kasih sayang-Nya.

    Oh ya ayat berikutnya dari surat Nuh mengatakan :

    Ayat 8 :
    maka Dia mengilhamkan kepadanya kejahatan dan ketakwannya.

    Ayat 9 :
    sesungguhnya beruntung orang yang menyucikannya

    Ayat 10 :
    dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.

    Jadi walker, barangsiapa manusia mengelak dari kekuasan Allah SWT di atas termasuk kenyataan bahwa Matahari adalah pusat tata surya, maka dia termasuk kategori ORANG-ORANG RUGI YANG MENGOTORI-nya.

    P A H A M ?

  12. Hitler said

    Sorry, Kabayan adalah nama lain Hitler di bahasan lain.

  13. Barnabas (Wakil Nabi) said

    @Walker:

    Makanya jangan suka bilang goblok, itu menjadikan kamu pandir, idiot, dan tolol. Siapa bilang Matahari tidak beredar. Anda tahu tahun galaksi tidak? Ok. Kalau tidak tahu. Tahun galaksi adalah masa dimana Matahari menyelesaikan satu putaran mengelilingi pusat galaksi. Matahari mengelilingi pusat galaksi dengan kecepatan 225 km per detik. Pada usianya yang ke 5 milyar tahun sekarang, kira-kira Matahari sekarang tengah menyelesaikan putaran ke 20-nya.

    Kalau Injil jelas mengatakan bahwa Matahari mengelilingi Bumi. Karena Joshua pernah menghentikan perputaran Matahari itu. Hmmm…. Injil juga mengatakan bahwa tumbuhan tercipta lebih dahulu daripada Matahari. Sebuah pertanyaan sederhana, bagaimana tumbuhan itu berfotosintesis? Pada halaman pertama saja (genesis) sudah kacau begitu. Bagaimana dengan halaman-halaman berikutnya? Pasti lebih kacau lagi. Jadi buat apa menjiplak kitab yang kacau balau? Tidak ada manfaatnya sama sekali.

  14. @Jhony Walker

    Hei sompret kau !

    Berani muncul lagi kau rupanya.
    Masih belum puas juga kau bikin malu.
    Dikit-dikit Goblok, dikit-dikit Goblok.
    Jangan-2 yang goblok itu ternyata kau sendiri.
    Alkitab gak usah kau bawa pakai kata-2 Goblok.
    Apa kata orang ?
    Ntar kau dikira ajaran alkitabmu sendiri tau.

  15. SMA Negeri 9 said

    @Jhony Walker

    Hai Jhony GOBLOK. Kok elu msh nulis panjang2 sih?? Kan gw udah bilang kgk ada yg baca! Orang males! Huah h… hah… haaa… 😀 drpd baca tulisan elu yg picisan, mending orang lngsng buka aja sndri trjemahan Alqur’an ato bibel en trus dibaca en ambil kesimpulan apa yg kita baca. Habis perkara. Apa repotnya?? Apa hebatnya?? Emang elu ngerasa hebat krn cuman bs copas sana copas sini??? Kan gue udah bilang kl cuman copas sana copas sini, baca sana baca sini trus bikin kesimpulan apa yg dibaca, adik gue yg kelas 6 SD aja masih lbh pintar drpd elu. Sekalian elu copas aja terjemah Alqur’an 30 juz en Bibel 66 jilid semuanya disini ga bakalan ada yg kagum ame elu. Wekekekekekek… 😀

    Eh Jhony GOBLOK.. yang penting tuh penafsiran yg tepat, uraian yg bermutu, ilmiah, logis, seperti tulisan komentator2 lain di blog ini, baik yg Muslim ato yg Kristen. Mau tau bedanya mrk sama elu? Soalnya komentator2 lain itu otaknya waras, sedangkan otak elu MIRING alias ORGIL! Hih..hih…hiiii…. 😀

  16. SMA Negeri 9 said

    @Jhony Walker

    Eh walker BEGO gak malu elu sm kak Hitler??? Baca tuh komentarnya, itu baru tulisan bermutu, logis en ilmiah didukung fakta2 en iptek. Nggak copas sana copas sini macem elu. Tapi elu sakit jiwa sih, ya gak papa nulis aja terus sehalaman koran juga gak ada yg baca. Wakakakakakak….. 😀

  17. Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Adalah benar sekali sebagai petunjuk-petunjuk dari Allah SWT yang menjelaskan bahwa :

    Benda-2 langit seperti : Matahari, bumi dan bulan itu BEREDAR ! Tidak diam, apalagi diam karena DIGANTUNG DI RUANG HAMPA !

    JAWAB;

    DIGANTUNG DI TALI KOLORMULAH!!!!

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Tapi seperti LATAHMU yang seringkali kumat saat berkoar-koar Walker, ayat suci yang kau kutip itu ternyata memang belum seluruhnya alias SEPOTONG !

    JAWAB;

    OOOOO…. JADI AYAT ITU ENGGAK BERLAKU KARENA HANYA 8 AYAT?????? KALAU BEGITU, KENAPA KAU NGOTOT MENGATAKAN BAHWA MUHAMMAD ITU PENUTUP NABI-NABI, PADAHAL HANYA TERDAPAT CUMA SATU AYAT DALAM SELURUH AL QUR’AN.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Orang akan bertanya :
    Jika benda-benda langit dikatakan dalam Al-Quran pada beredar, maka beredar mengelilingi apa ya ? Beredar berarti kan BERGERAK MELINGKAR MENGELILINGI SESUATU. Nah sesuatu yang diedari oleh bulan, bumi dan matahari itu apa ya ?

    JAWAB;

    MUNGKIN … YAAA…. KANDANG AYAM MU LAH!!!! KAN BISA DIEDARI.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Pertanyaan inilah yang menjadi KUNCI UTAMA UNTUK MENJELASKAN apakah bumi itu pusat tata surya atau bukan, walau untuk mencapai pemahaman ini pun masih tergantung kemampuan berfikir seseorang.

    JAWAB;

    MEMANGNYA ADA DI AL QUR’AN MU DIKATAKAN TATA SURYA????? KALAU ADA … COBA TUNJUKKAN SAMA SAYA.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Surat Nuh Ayat 16 :
    “Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita”

    dan

    Surat As-Syam ayat 91 Ayat 1-10 :

    Ayat 1 :
    Demi matahari dan cahayanya di pagi hari,

    Ayat 2 :
    demi bulan apabila mengiringinya,

    Ayat 3 :
    demi siang apabila menampakkannya,

    Ayat 4 :
    demi malam apabila menutupinya,

    Ayat 5 :
    demi langit serta pembinaannya,

    Ayat 6 :
    demi bumi serta penghamparannya,

    Ayat 7 :
    demi jiwa serta penyempurnaannya,

    Ayat 8 :
    maka Dia mengilhamkan kepadanya kejahatan dan ketakwannya.

    Ayat 9 :
    sesungguhnya beruntung orang yang menyucikannya

    Ayat 10 :
    dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.

    Apa makna kedua ayat di atas dalam menjelaskan bahwa bumi bukan pusat tata surya ?

    JAWAB;

    DIMANA DI AYAT-AYAT YANG KAU PAPARKAN ITU ADA MENGATAKAN BAHWA MATA HARI SEBAGAI PUSAT TATA SURYA??? WALAUPUN MUNGKIN MENURUTMU AYAT-AYAT YANG KAU PAPARKAN ITU MENUNJUKKAN bahwa bumi bukan pusat tata surya ?

    KALAU BUAT AYAT-AYAT SEPERTI ITU, ANAK KECIL JUGA BISA.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Seperti dikatakan dalam Surat Nuh Ayat 16,
    bahwa Allah menciptakan bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita.

    JAWAB;

    MEMANGNYA KALAU CAHAYA…. BUKAN PELITA??????

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Firman Allah SWT di atas memberikan petunjuk pada manusia bahwa jika dilihat dari permukaan bumi bulan dan matahari yang sama-sama terlihat bercahaya sebenarnya mempunyai sifat yang amat berbeda, yakni :

    Pertama :
    Matahari adalah benda langit yang bersifat seperti pelita.
    Pelita adalah menghasilkan cahaya sendiri.
    Jadi matahari adalah sumber cahaya bagi benda-benda langit lain disekitarnya.

    JAWAB;

    ITU KAN TAFSIRANMU SAJA. EMANGNYA KALAU KAU BERJALAN MALAM DI PADANG GURUN, BUKAN KAH BULAN JUGA SEBAGAI PELITA????

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Kedua :
    Bulan adalah benda langit yang bercahaya saja dan tidak seperti pelita yang menghasilkan cahaya sendiri.
    Jadi bulan adalah salah satu benda langit disekitar matahari yang menerima pantulan cahaya dari matahari.

    JAWAB;

    KALAU HANYA SEKEDAR MATAHARI BERSINA…..BULAN BERCAHAYA…. DI ALKITABKU SUDAH DULUAN ADA SEBELUM ADA DI AL QUR’AN MU. JADI ITU PUN SEBENARNYA DIJIPLAK OLEH NABIMU DARI ALKITAB ORANG KRISTEN. NIH AYATNYA KAU BACA;

    2RAJ 3:22 Keesokan harinya pagi-pagi, ketika matahari bersinar atas
    permukaan air itu, tampaklah kepada orang Moab itu, bahwa air
    di sebelah depannya merah seperti darah.
    AYU 31:26 jikalau aku pernah memandang matahari, ketika ia bersinar, dan
    bulan, yang beredar dengan indahnya,
    MAT 17:2 Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya
    bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih
    bersinar seperti terang.
    LUK 23:45 sebab matahari tidak bersinar. Dan tabir Bait Suci terbelah
    dua.

    NIH AYATNYA BULAN BERCAHAYA…..

    KID 6:10 “Siapakah dia yang muncul laksana fajar merekah, indah bagaikan
    bulan purnama, bercahaya bagaikan surya, dahsyat seperti bala
    tentara dengan panji-panjinya?”
    MAT 24:29 “Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi
    gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan
    berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang.
    MAR 13:24 “Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan
    menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Kesimpulan pertama :
    Mataharilah yang menyinari benda-benda langit lain di tata surya termasuk bulan dan bumi.

    JAWAB;

    SIAPA YANG BIALANG KALAU BUKAN MATAHARI YANG MENYINARI BUMI????

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Sedangkan keenam ayat pertama dari Surat Nuh di atas, yakni :

    Ayat 1 :
    Demi matahari dan cahayanya di pagi hari,

    JAWAB;

    LOH… BERARTI MATAHARI JUGA BERCAHAYA….. APA BEDANAY?????

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Kata pagi hari disini menunjukkan adanya pergantian waktu yang dialami benda langit lain disekitar matahari, yakni bumi.

    JAWAB;

    LOH….LOH….LOH…. KOK BINGUNG KAU!!! BENDA LANGIT APA YANG MENGALAMI PERGANTIAN WAKTU???? KALAU KAU BUTUH PERGANTIAN WAKTU. TAPI KALAU BENDA LANGIT MASAKAN DIA TAU ADA PERGANTIAN WAKTU????

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Jika bumi dan benda-2 langit lain mengalami pergantian waktu yang teratur, seperti : waktu pagi, siang dan malam hari itu menunjukkan bahwa bumi disamping beredar mengelilingi matahari sebagai sumber cahaya juga berputar pada porosnya masing-masing.

    JAWAB;

    BENDA-BENDA LANGIT TIDAK BUTUH PERGANTIAN WAKTU KABAYAN…. BENAR-BENAR SIKABAYAN KAU.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Ayat 2 :
    demi bulan apabila mengiringinya,

    Kata “nya” pada kalimat “demi bulan apabila mengiringinya” menunjukkan bahwa bulan BEREDAR MENGELILINGI BUMI yang mengalami masa pagi hari dalam pergantian waktunya yang ditunjukkan dalam ayat sebelumnya, yakni bumi dalam ayat 1.

    JAWAB;

    KENAPA MESTI KATA “NYA” menunjukkan bahwa bulan BEREDAR MENGELILINGI BUMI???? MENGAPA BUKAN MENGELILINGI KANDANG AYAM SAJA. TOH ITU JUGA KATA “NYA’.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Karena pada ayat 1 telah ditunjukkan bahwa bumi beredar mengelilingi sumber cahaya, yakni matahari, maka jika bulan yang beredar mengelilingi bumi itu juga secara otomasit berdasarkan hukum-2 fisika akan terbawa beredar juga mengelilingi matahari bersama bumi.

    JAWAB;

    SIAPA YANG MENUNJUKKAN bumi beredar mengelilingi sumber cahaya???? ITU KAN TAFSIRANMU SAJA.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Ayat 3 :
    demi siang apabila menampakkannya,

    Sama dengan penjelasan di atas namun lebih menjelaskan peristiwa dimana bumi dalam perputaran pada porosnya dan peredarannya mengelilingi matahari sedang mengalami pergantian waktu di mana matahari BERADA di atas permukaan bumi yang disinarinya.

    JAWAB;

    DIMANA ADA DI AL QUR’AN MU TERTULIS KALAU bumi dalam perputaran pada porosnya ???? COBA KAU TUNJUKKAN SAMA AKU.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Ayat 4 :
    demi malam apabila menutupinya,

    Sama dengan penjelasan di atas namun lebih menjelaskan peristiwa dimana bumi dalam perputaran pada porosnya dan peredarannya mengelilingi matahari sedang mengalami pergantian waktu di mana matahari TIDAK BERADA di atas permukaan bumi yang disinarinya.

    JAWAB;

    SEKALAI LAGI KUTANYA SAMA KAU ….DIMANA ADA DI AL QUR’AN MU TERTULIS KALAU bumi dalam perputaran pada porosnya ???? COBA KAU TUNJUKKAN SAMA AKU.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Ayat 5 :
    demi langit serta pembinaannya,

    Menunjukkan pada manusia bahwa semua benda-benda langit itu bergerak atau berotasi pada porosnya dan beredar pada pusat edarnya masing-masing secara tertib dan teratur, tidak ada yang berhenti bergerak, bergerak keluar dari garis edarnya atau bergerak dengan arah sebaliknya yang bisa menyebabkan terjadinya tabrakan antar planet-2 di tata surya (kiamat !)

    JAWAB;

    DIMANA ADA DI AL QUR’AN MU TERTULIS KALAU bumi dalam BEROTASI pada porosnya ???? COBA KAU TUNJUKKAN SAMA AKU.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Bagaimana agar ke-9 planet di tata surya, yakni Markurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto itu tidak keluar dari garis edarnya, tidak bergerak berlawanan arah dan tidak saling bertabrakan satu sama lain, maka berdasarkan hukum-hukum Fisika mereka harus dalam pergerakannya masing-masing benda-benda langit itu harus bergerak hanya dalam garis edarnya masing-masing secara konstan dan teratur dan HANYA BERPUTAR PADA SATU PUSAT EDAR SAJA, yakni benda langit YANG MEMPUNYAI MASA KERAPATAN TERBESAR di tata surya agar menghasilkan gaya grafitasi benda yang paling besar pula yang bisa menarik dan membuat kesembilan plenet itu tetap beredar di tempatnya dan tidak saling bertabrakan. Benda langit yang ukuran dan kerapatan masanya terbesar di tata surya itu adalah

    JAWAB;

    DIMANA ADA TERTULIS DI AL QUR’AN MU ADA 9 planet di tata surya, yakni Markurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. ITU KAN HANYA KAU GATUK-GATUKKAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN. ITULAH MODELMU SEMUA.

    KALAU KAU MAU TAU KENAPA 9 planet di tata surya, yakni Markurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto TIDAK SALING BERTABRAKAN, ITU KARENA KEHEBATAN TUHAN. BUKAN KARENA AL QUR’AN MU ITU.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    M A T A H A R I.

    Matahari terbentuk dari hasil ledakan besar supernova yang menghasilkan gumpalan-2 besar kejutan gas-gas antar bintang. Kejutan-kejutan itu membangkitkan energi yang sangat besar dalam bentuk gelombang radio, panas, cahaya, sinar ultraviolet, sinar X, dan sinar gamma.
    Matahari adalah sebuah bola gas yang sangat besar.
    Mengapa disebut bola gas? Karena bentuknya persis seperti bola dan merupakan gumpalan gas-gas yang amat panas. Bahkan pada terasnya, di bawah himpitan timbunan bahan yang tekanannya beberapa juta juta ton pada setiap sentimeter persegi, atom gas Matahari masih memiliki sifat gas sehingga bergerak bebas dan menahan himpitan luar biasa yang ditimpakan padanya.
    Matahari itu bukanlah benda padat. Tak ada bagian yang padat di sana. Al-Qur’an menyebutnya “siraaja”. Bisa diartikan pelita. Bisa diartikan api. Semuanya serba gas. Cuma, gasnya lain dengan gas yang ada di Bumi, sebab kerapatannya tinggi sekali. Artinya, sekalipun bahannya terdiri dari gas, namun jarak antar partikel yang berdekatan seolah ‘dempet’. Mampat, begitu.
    Tapi mengapa bisa menggumpal menjadi sebentuk bola besar? Padahal yang kita ketahui selama inikan sifat gas itu mengisi ruang sebesar-besarnya. Jawabnya, jutaan ton gas-gas yang panas yang membentuk Matahari itu mengalami gaya gravitasi (tarik menarik) sehingga seolah gas-gas tersebut diikatnya. Ada kurang lebih 536 kuadrilyun kilometer kubik gas kelewat panas terkandung di dalamnya. Bobotnya saja mencapai lebih dari dua oktilyun ton atau secara awamnya sebut saja dua milyar milyar milyar ton. Padahal dalam pengertian modern Matahari hanyalah seumpama katak dalam kolam tata surya dan satu diantara bermilyar-milyar bintang berukuran sedang lainnya.
    Yang paling menarik adalah bentuk fisik Matahari. Temperaturnya tinggi sekali. Di permukaan saja, temperaturnya 6.000 derajat Celcius. Makin ke dalam makin panas. Bahkan bisa mencapai 15-20 juta derajat Celcius. Akibatnya, semua jenis batuan dan logam tak akan ditemukan di sana. Tak ada yang tahan pada panas setinggi itu. Semua tidak saja mencair, melainkan langsung menguap menjadi gas. Itu sebabnya Matahari tidak padat seperti Bumi. Matahari adalah “siraajaw wahhaja”, pelita/api (gas) yang sangat kuat nyala (energinya). Mengapa? Apa yang menyebabkan demikian bisa terjadi?

    JAWAB;

    SEKALI LAGI KUTANYA SAMA KAU; DIMANA ADA TERTULIS DI AL QUR’AN MU KATA supernova yang menghasilkan gumpalan-2 besar kejutan gas-gas antar bintang. Kejutan-kejutan itu membangkitkan energi yang sangat besar dalam bentuk gelombang radio, panas, cahaya, sinar ultraviolet, sinar X, dan sinar gamma???? ITU KAN KAU ORANG ISLAM HANYA GATUK-GATUKKAN SAJA.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Inilah yang Allah jelaskan dengan kata-simbol “tsaqib” (artinya yang membakar) yang tercantum dalam surat 86 (Ath-Thariq) ayat 3:

    “…yaitu bintang yang membakar (dirinya sendiri)”. (QS. Ath-Thariq 86: 3)

    JAWAB;

    BINTANG YANG MANA YANG MEMBAKAR???? KATA DALAM TANDA KURUNG ITU … YANG NAMBAHI KAN KAU SENDIRI.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Bahkan kata “tsaqib” ini tidak hanya berlaku untuk menerangkan proses yang terjadi di dalam teras dan inti Matahari saja. Proses yang sama juga berlangsung pada bintang-bintang lain, yakni reaksi nuklir di pusat bintang di pusat bintang yang ditandai oleh reaksi pembakaran Hidrogen menjadi Helium, atau dengan kata lain proses fusi atom Hidrogen menjadi Helium. Proses ini “bersaudara dekat” dengan reaksi ledakan bom Hidrigen, tetapi reaksi nuklir Matahari tertahan dan terkungkung dalam gas elastis di sekitar inti Matahari yang besarnya beribu-ribu trilyun kilometer kubik.

    JAWAB;

    AHHHHH…. YANG BENAR…..

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Dalam dunia mikro (renik), setiap fusi merupakan urutan tiga macam benturan antar inti atom. Langkah urutan benturan itu tidak sama besarnya. Dalam kenyataan benturan yang pertama hanya dapat terjadi sekali dalam tujuh milyar tahun, benturan kedua sekali dalam empat detik, dan benturan ketiga terjadi sekali dalam 400.000 tahun. Walaupun jangka waktu benturan pertama dan benturan ketiga itu kelihatannya sangat panjang, tetapi jumlah atom yang ada di dalam Matahari begitu melimpah sehingga tiap macam benturan berulang secara konstan (ajeg) dan memungkinkan fusi tersebut berlangsung secara sinambung.

    JAWAB;

    AHHH…. YANG BENAR……

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Pada benturan fusi pertama, duproton –inti Hidrogen yang telah kehilangan elektron pengiringnya- dengan hebat bersatu menjadi Deuterium namanya. Akibat benturan kedua proton itu, laksana bunga api, dua pecahan sisa bahan tadi membawa pergi pusa (momentum) dan muatan listrik yang tidak diperlukan. Satu diantaranya, yakni neutrino, merupakan zarah yang sangat kecil, dalam skala sub atom sekalipun. Zarah ini tidak mempunyai massa maupun muatan listrik dan sangat lambat bereaksi dengan unsur lain. Maka zarah ini langsung menerobos apa saja, dan lolos tanpa meninggalkan noda meninggalkan Matahari, bahkan meninggalkan tata surya.

    JAWAB;

    AHHHHH…. YANG BENAR……

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Sementara itu pecahan lainnya, yakni zarah yang bermuatan positif, atau positron, tidak dapat bergerak jauh melintasi gas yang tebal dan rapat di sekitarnya tanpa menubruk elektron –yakni zarah yang bermuatan negatif. Apabila tubrukan antara positron dan elektron itu terjadi, maka kedua zarah yang berlawanan itu akan saling membinasakan. Mereka musnah, dan mengeluarkan energi yang amat hebat.

    JAWAB;

    AHHHHHH YANG BENAR…..

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Inti deuterium yang dihasilkan pada langkah pertama fusi ini terdiri dari proton dan neutron, yakni gabungan zarah yang massanya hampir dua kali massa proton, tetapi sifatnya mudah bereaksi. Pada kesempatan pertama, deuterium akan segera menangkap dan menelan inti Hidrogen yang bergerak lincah di sekitarnya. Dari perkawinan antara kedua benda ini, lahirlah unsur baru, yakni Helium-3 yang terdiri dari dua proton dan satu neutron.

    JAWAB;

    AHHHHHH…. YANG BENAR……KAU KAN HANYA MENJIPALK APA KATA Dr, ZAKIR NAIK.

    Dalam benturan antara deuterium dan inti hidrogen tadi, terciptalah energi radiasi sinar Gamma. Sinar ini gelombangnya pendek sekali, tapi tenaganya serta daya tembus dan daya rusaknya paling kuat diantara seluruh spektrum gelombang elektromagnetik yang ada.

    Pada benturan fusi yang ketiga dan terakhir, inti Helium-3 tadi mengatur dirinya untuk menjadi inti Helium-4 biasa, yaitu yang terdiri dari dua neutron dan dua proton. Caranya ialah dengan bergabung bersama zarah Helium-3 lainnya yang juga terbentuk dengan cara yang sama dengan dirinya. Dengan terbentuknya Helium-4 yang relatif stabil ini, berakhirlah proses ‘pembakaran’ inti Hidrogen jadi Helium dengan meninggalkan sisa dua proton. Dua proton sisa ini kemudian akan terpelanting dan akhirnya akan membentur proton lain, dan berfusi (bergabung) membentuk inti deuterium lagi. Dengan demikian proses daur ‘pembakaran’ nuklir itu berulang kembali seperti proses yang telah diuraikan di atas.

    Demikian Allah menetapkan ‘taqdir’-nya sehingga proses transformasi Hidrogen-Helium itu bisa terus berulang, sampai ‘ajal’-nya.
    Masing-masing reaksi fusi tersebut tiap detik mengubah 657 juta ton hidrogen Matahari menjadi 652,5 juta ton abu Helium. Empat setengah juta ton massa yang hilang diubah menjadi sinar Gamma dan neutrino.
    Sinar Gamma yang muncul dari jantung Matahari itu pertama-tama diubah menjadi sinar-X (yakni semacam sinar yang panjang gelombangnya antara 2,7 sampai 270 permilyar sentimeter) dan sinar ultraviolet (yang memiliki panjang gelombang antara 270 permilyar sampai tujuh persejuta sentimeter). Kedua sinar ini membentuk elektron atom hingga atom itu mengeluarkan cahaya kasat mata seperti yang kita alami di bumi ini. Dengan cahaya kasat mata inilah kita bisa melihat isi dunia ini. Dalam hal ini patut kita bersyukur, sebab seandainya sinar gamma yang sampai ke permukaan Matahari itu sebagaimana wujud aslinya,. Maka akibat yang akan terjadi adalah menyebarnya sinar maut ini ke seluruh tata surya. Kita pun tak mungkin bisa hidup.

    JAWAB;

    AHHHHHH…. YANG BENAR…… KAU KAN HANYA MENJIPLAK BADUTMU Dr. ZAKIR NAIK.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Ayat 6 :
    demi bumi serta penghamparannya,

    Menunjukkan kekuasan Allah SWT sebagaii Tuhan Pencipta Alam Semesta yang telah menjadikan bumi dan segenap isi serta seluruh proses alam yang terjadi padanya.

    JAWAB;

    DARI DULU SUDAH TAU KALAU TUHAN PENCIPTA LANGIT DAN BUMI BESERTA ISINYA INI ADALAH ALLAH YANG MAHA KUASA. TAPI YANG JELAS YANG MEMBUAT AL QUR’AN MU ITU PASTI BUKAN ALLAH YANG MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI BESERTA ISINYA INI.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Kesimpulan

    Tak dapat disangkal lagi Walker,
    Al-Qur’an memang betul-betul “kitab kehidupan”, di dalamnya tidak saja memuat ritus-ritus ibadah, dalam arti sempit, melainkan juga punya porsi yang besar di bidang sosial, budaya, sains dan teknologi. Salah satu diantaranya adalah uraian di atas, yakni berkenaan dengan Matahari dan Bulan, dimana BUMI BUKANLAH PUSAT TATA SURYA, MELAINKAN MATAHARI.

    JAWAB;

    AL QUR’AN MU ITU BUKAN KITAB KEHIDUPAN TAPI KITAB KEMATIAN. KARENA KAU DIAJARI JADI TERORIS.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Dengan jelas, beralasan, dan tepat Qur’an memberikan gambaran “kelakuan” alam semesta. Masalahnya kini tergantung bagaimana manusia mampu menangkap ‘isyarat-isyarat’ yang disampaikan Qur’an itu dengan segala daya dan kemampuan yang dimiliki. Bagaimana ia mampu membaca (iqra’) tidak saja ayat-ayat Qur’aniyyah, tapi juga ayat-ayat Kauniyyah yang tersebar luas pada alam semesta ini. Keduanya penuh simbol-simbol (ayat) realitas objektif yang selalu menantang manusia meraihnya dengan kekuatan (bisulthaan) akal pikiran yang dianugerahkan Allah pada-Nya, sebagai bukti syukur kita pada kasih sayang-Nya.

    JAWAB;

    KAN SUDAH KUBILANG…. COBA KAU TNJUKKAN AYATNYA YANG MENGATAKAN ; SEKALI LAGI KUTANYA SAMA KAU; DIMANA ADA TERTULIS DI AL QUR’AN MU KATA supernova yang menghasilkan gumpalan-2 besar kejutan gas-gas antar bintang. Kejutan-kejutan itu membangkitkan energi yang sangat besar dalam bentuk gelombang radio, panas, cahaya, sinar ultraviolet, sinar X, dan sinar gamma???? ITU KAN KAU ORANG ISLAM HANYA GATUK-GATUKKAN SAJA.

    Kabayan berkata
    24 Maret 2010 pada 10:27

    Oh ya ayat berikutnya dari surat Nuh mengatakan :

    Ayat 8 :
    maka Dia mengilhamkan kepadanya kejahatan dan ketakwannya.

    Ayat 9 :
    sesungguhnya beruntung orang yang menyucikannya

    Ayat 10 :
    dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.

    Jadi walker, barangsiapa manusia mengelak dari kekuasan Allah SWT di atas termasuk kenyataan bahwa Matahari adalah pusat tata surya, maka dia termasuk kategori ORANG-ORANG RUGI YANG MENGOTORI-nya.

    P A H A M ?

    JAWAB;

    KAU MENGHIBUR DIRI. PADAHAL SATUPUN TIDAK ADA KAITANNYA YANG KAU PAPARKAN ITU DENGAN AL QUR’AN MU. KALAU KAU TIDAK PERCAYA, COBA KAU TANYA SAMA MUHAMMAD. PASTI DIA TIDAK TAU APA YANG KAU KATAKAN ITU. LAH KALAU NABIMU SAJA TIDAK TAU… MASAK KAU NGARANG-NGARANG SENDIR???? DAN KALAU MEMANG SEBEGITU LENGKAPNYA TERTULIS DI AL QUR’AN MU, SEHARUSNYA … KAU DONG PENEMU PELANET-PELANET ITU. INI TIDAK… HANYA TERORIS KELEBIHANMU.

  18. SMA Negeri 9 said

    @Jhony Walker

    Hai jhony GOBLOOKKK… elu tau nggak,… gini ye… tadi siang di sekolah sehabis ujian kita rame2 ke ruang komputer utk cari data. Iseng2 kt bk internet en tulisan elu gue tunjukin sm temen2 gue. Termasuk slh satu guru kt yg kebtln ada dstu ikutan baca. Elu tau apa pendapat mrk? Semua brpndapat elu itu SAKIT JIWA. Termasuk pak guru yg agamanya Katolik ikutan baca en bilang: Kalian ini kurang kerjaan, tulisan orang gila kok dibaca rame2, ayo bubar… mending kalian belajar. Jadi asal elu tau aja yg berpendapat elu sakit jiwa itu bukan komentator blog ini aje, temen2 sekolah gue juga berpendapat sama, malah guru gue yg seagama dgn elu juga sama yaitu JHONY WALKER ORGIL. Hik hik hik…, kaciaann deh loe…

  19. SMA Negeri 9 said

    @Jhony Walker

    Hai Walker DungDung… alias DUNGU…elu itu pengangguran yah?? Kagak ada kerjaan?? Hik..hik.. kaciaaan deh loe… Gw br ingat nih. Kata tmen gue td siang orang yg punya waktu nulis tulisan panjang lebar tapi kosong en basi en gak mutu seperti koran pos kota macem elu itu pasti orang ga ada kerjaan alias pengangguran. Kl pelajar/mahasiswa/karyawan/pengusaha/pekerja sosial yg sibuk nggak mungkin punya waktu nulis koran pos kota macem elu… Hik.. mending elu jd tkg ngamen kek, jd kernet kek..

  20. SMA Negeri 9 said

    @Jhony Walker

    Elu beruntung gue besok masih ujian. Ini aje sekedar intermezo krn gue cape belajar. Kalo gue besok kagak ujian en ada wkt pasti gue kupas satu persatu tulisan elu en gue cuci elu sampe bersih … kali aje otak dungdung elu bs mendingan dikit. Wakkakkakkakkak… 😀

    Tunggu ye ntar smp gue selesai ujian.

  21. @Jhony Walker

    Walker, walker ….. untung ogut gak menjelaskan jauh lebih panjang lagi dari kommen terakhir ogut diatas. Sepertinya percuma saja bakal buang-buang energi. Mendingan berdebat sama saudara-2mu dari kalangan Yahudi itu. Biarpun beda 360 derajat keyakinannya, tapi masih mengerti dan menghargai kebenaran ilmiah, makanya mereka jauh lebih pintar daripada kau Walker yang bisanya cuma berkoar-koar dan kopas sana-kopas sini tanpa pemikiran ilmiah sebagaimana ….

    SMA Negeri 9 berkata
    25 Maret 2010 pada 00:51

    @Jhony Walker

    Elu beruntung gue besok masih ujian. Ini aje sekedar intermezo krn gue cape belajar. Kalo gue besok kagak ujian en ada wkt pasti gue kupas satu persatu tulisan elu en gue cuci elu sampe bersih … kali aje otak dungdung elu bs mendingan dikit. Wakkakkakkakkak… 😀

    Tunggu ye ntar smp gue selesai ujian.

    Jadi berhubung ogut baru tau kalau kau itu tampaknya kurang makan sekolahan disamping memang ogut ada bisnis und sekalian menghadiri seminar ilmiah di kota Bonn, Jerman selama 3 minggu ….., maka ogut titipkan perdebatan ini pada teman-teman pintar dari SMU 9.

    Dibandingkan kau, mereka jauh lebih pintar, kritis dan obyektif dalam menangkap kebenaran ilmiah dari makna yang terkandung didalam kitab suci Al-Quran sebagai penyempurna kitab-kitab suci sebelumnya yang pernah diturunkan kepada Para Rosul Utusan Allah SWT, yakni Dzabur, Taurat dan Injil yang diterima oleh Nabi Isa AS.

    Ingat Walker, Ogut tidak menyangkal sama sekali kebenaran kitab-kitab yang diturunkan Allah SWT sebelum diturunkannya kitab suci Al-Quran termasuk kitab suci Injil, tapi sepanjang kitab itu adalah kitab Injil yang diterima oleh Nabi Isa Alaihi Salam. Paham ?

    Saran saya Walker, daripada engkau nanti keteter debat sama anak-anak SMU 9 itupun jika kau masih sanggup melanjutkannya Walker, maka sebaiknya buru-buru kau ambil les tambahan lagi untuk bidang fisika, matematika, agama dan pengetahuan umum. Barangkali masih ada sedikit keberuntungan yang berpihak pada kau mengingat otakmu yang sudah amat berkarat itu oleh keyakinanmu Walker.

    Sorry jika ogut pernah berkata tidak pantas padamu, tapi itu semata untuk mengimbangi kata sandi GOBLOK mu.

    Terlepas dari isi perdebatan ini, maka Ogut tetap menghormati semua pemeluk agama dan mendukung sekali kerukunan hidup antar umat beragama di negeri tercinta yang berpedoman pada PANCASILA ini.

    SALAM SEJAHTERA UNTUK SEMUA.

    dan

    ANAK-ANAK SMU 9

  22. Sory Tak Dikenal adalah Hitler juga di bahasan lain.

  23. Barnabas (Wakil Nabi) said

    @Sampah Kristen Walker:

    Jangan hanya berkomentar sampah. Coba jelaskan, tentang Joshua menghentikan Matahari. Itu berarti Matahari mengitari Bumi tho. Tumbuhan yang tercipta sebelum Matahari. Tuhan yang istirahat (capek) setelah menciptakan semesta. Gereja adalah teroris bagi ilmuwan. Contohnya, pembakaran Giordano Bruno oleh Gereja. Penghukuman Galileo oleh Gereja. Lucunya, Galileo yang tidak bersalah malah diampuni pada 1994. Aneh. Dasar teroris terhadap ilmuwan maka gak pernah mengaku salah. Penutup: Jika kamu masih mempercayai kitab ngawur, dan masih membenarkan kebijakan yang meneror ilmuwan, maka kamulah si pandir yang gak bisa mikir itu.

  24. Hitler said

    @Jhony Walker

    KAU MENGHIBUR DIRI. PADAHAL SATUPUN TIDAK ADA KAITANNYA YANG KAU PAPARKAN ITU DENGAN AL QUR’AN MU. KALAU KAU TIDAK PERCAYA, COBA KAU TANYA SAMA MUHAMMAD. PASTI DIA TIDAK TAU APA YANG KAU KATAKAN ITU. LAH KALAU NABIMU SAJA TIDAK TAU… MASAK KAU NGARANG-NGARANG SENDIR???? DAN KALAU MEMANG SEBEGITU LENGKAPNYA TERTULIS DI AL QUR’AN MU, SEHARUSNYA … KAU DONG PENEMU PELANET-PELANET ITU. INI TIDAK… HANYA TERORIS KELEBIHANMU.

    Hitler :

    Kebetulan masih sempet buka leptop :

    Hee … PAT-PAT GULIPAT

    Sebetulnya bukan gak ada hubungan, tapi karena otakmu itu yang sudah berkarat semua, sehingga IQ-mu pun sudah TERLAMPAU JEBLOK buat mengerti dan memahami penjelasan ilmiah ogut di atas. Sebetulnya bukan hal rahasia lagi alias sudah banyak orang yang tahu bahwa penjelsan ayat-ayat Al-Quran di atas jelas menunjukkan bahwa :

    Pertama :
    Dari adanya pergantian waktu antara siang dan malam yang terjadi di bumi secara teratur saja sudah menunjukkan bahwa bumi berotasi pada porosnya.

    Kedua adanya :
    Matahari sebagai pelita yang notabene satus-satunya sumber cahaya di tata surya saja sudah menunjukkan bahwa matahari merupakan satu-satunya benda langit di tata surya yang ukurannya terbesar, berada di tengan peredaran benda-benda langit lain dan memiliki gaya gravitasi terbesar yang dapat membuat benda-2 langit lain seperti berbagai planet termasuk bumi tertarik dan beredar mengelilinginya.

    Kedua makna ayat-ayat suci Al-Quran diatas sudah cukup menjelaskan

    B A G I K A U M Y A N G B E R F I K I R

    Bahwa Matahari itu pusat Tata Surya dan bukan bumi sebagaimana tertancap dalam karatnya otak kau oleh keyakinan kau Walker.

    Di sisi lain semua juga sudah tau kebiasaan Jhony Walker yang BEGONYA GAK KETULUNGAN. Bahwa jika sudah TERPOJOK DAN MENDEKATI KEKALAHAN, maka :
    1. KOMENTARNYA TAMBAH KACAU-BALAU.
    2. MENAMPILKAN FITNAH YANG GAK NYAMBUNG.
    3. MENCARI-CARI KESALAHAN YANG GAK ILMIAH.
    4. MENINGKATKAN MAKIAN GOBLOK.
    5. MENJELEK-JELEKAN TOKOH LAWAN.

    Tapi baelah, itu terserah kau saja Walker, paling tidak kau punya kerjaan daripada nganggur gak kepakek sana sini memang bagi kau mendingan banyakin dosa Walker. Lumayan gitu lo buat ngurangin kepandatan penduduk sorga.

    Bila perlu ajak sekalian yang sejenis dengan kau buat ikutan nyablak atau gonggong disini biar sorga tambah lengang buat orang-orang sehat berakal dan tidak kafir macam kau.

  25. SMA Negeri 9 berkata
    25 Maret 2010 pada 00:36

    @Jhony Walker

    Hai jhony GOBLOOKKK… elu tau nggak,… gini ye… tadi siang di sekolah sehabis ujian kita rame2 ke ruang komputer utk cari data. Iseng2 kt bk internet en tulisan elu gue tunjukin sm temen2 gue. Termasuk slh satu guru kt yg kebtln ada dstu ikutan baca. Elu tau apa pendapat mrk? Semua brpndapat elu itu SAKIT JIWA. Termasuk pak guru yg agamanya Katolik ikutan baca en bilang: Kalian ini kurang kerjaan, tulisan orang gila kok dibaca rame2, ayo bubar… mending kalian belajar. Jadi asal elu tau aja yg berpendapat elu sakit jiwa itu bukan komentator blog ini aje, temen2 sekolah gue juga berpendapat sama, malah guru gue yg seagama dgn elu juga sama yaitu JHONY WALKER ORGIL. Hik hik hik…, kaciaann deh loe…

    JAWAB;

    SYUKUR ALHAMDULILAHHHHHH….. JADI KAU TURUT MENYeBARKAN TULISANKU. BAGUSLAH. Dengan begitu… semakin banyak orang tau kalau al qur’an mu itu hanya dijiplak Muhammad si nabi cabul dari alkitab orang Kristen.

    Soal komentar gurumu yang katolik itu????? …. Yaaaa… jelaslah kegembiraannya tidak ditunjukkan dihadapanmu. Tapi nanti dirumah …. pasti dia buka lagi kalau dia punya laptop. Kalau tidak, pasti dia pergi ke warnet untuk membaca tulisanku lebih lagi. Karena dia akan semakin tau kalau alqur’an mu itu bukan wahyu langsung dari allah kepada Muhammad tapi hanya buku sampah yang dijiplak dari Alkitab orang Kristen. Tapi Muhammad si nabi cabul ngaku-ngaku mendapat wahyu langsung dari allah, untuk menipu kau.

    Kau heran yaa kalau aku bisa nulis panjang-panjang???? Jangan heran anak sma 9 calon pengantin bunuh diri si nurdin Muhammad Top. Itu semua sudah saya tulis sejak tahun 2001 yang lalu. Jadi aku tinggal copy paste dari tulisanku sendiri. Dan tinggal saya sambung-sambung sesuai kebutuhan.

    kau pikir kalau kau bilang sakit jiwa, aku langsung sakit jiwa???? enggak ngfek lah yaoooo…

  26. Kasian sekali kau ini teroris. Takut sekali kau sama aku. Tapi aku bangga sekali karena akulah satu-satunya paling ditakuti di blog teroris ini. Makanya postingku tidak berani kau menampilkannya. Good by!

  27. Psikiater said

    @Jhony Walker

    Sdr. Jhony
    Sebagai seorang psikiater, tentu saja saya tertarik untuk mengamati perilaku orang dari sudut pandang kejiwaan. Dalam kaitan dengan perilaku para netter, tingkat kestabilan jiwa seseorang bisa dinilai dari tulisan dan materi-materi upload-nya. Hal itu karena tulisan seseorang adalah kata-kata dan kalimat (yang sebetulnya ingin diucapkan secara lisan) namun disampaikan dalam bentuk tulisan. Jadi sebetulnya sama saja, jika kata-kata dan perilaku seseorang adalah cermin dari baik-buruknya kepribadian orang itu, maka tulisan dan materi upload pun adalah cermin dari baik-buruknya kepribadian si penulis atau uploader.

    Dari tulisan-tulisan para netter yang saya baca di blog ini sejak bulan Juli 2009 (termasuk tulisan Anda), jelas sekali terdeteksi kepribadian dan kejiwaan Anda yang sangat rapuh dan sangat tidak stabil. Seorang yang sehat secara rohani dan kejiwaan tidak akan sedemikian mudah melontarkan cacimaki, sumpah serapah, cercaan, hujatan, fitnahan, kata-kata kotor dan jorok dsb, yang dalam hal ini Anda tujukan kepada teman dialog Anda atau kepada figur tokoh agama tertentu. Seorang yang jiwanya sehat (tidak sedang menderita gangguan jiwa) bahkan seharusnya merasa malu kepada dirinya sendiri dan kepada orang lain karena berperilaku sedemikian buruknya. Minimnya rasa malu pada diri Anda inipun dalam teori ilmu jiwa juga termasuk indikator akan adanya gangguan jiwa yang serius.

    Kalau beberapa komentator lain terlihat jengkel dengan tulisan Anda, sebaliknya saya justru merasa sangat iba, kasihan, bahkan khawatir terhadap perkembangan kejiwaan Anda yang terlihat semakin memburuk secara signifikan dari waktu ke waktu. Beberapa waktu yang lalu saya pernah menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter jiwa, bahkan sudah saya cantumkan daftar 28 Rumah Sakit Jiwa milik pemerintah pada LINK di berikut ini :

    Atraksi Tatung “Cap Go Meh” Menghina Islam

    Apakah Anda sudah merujuk kesana?? Atau mungkin tempat tinggal Anda berjauhan dari rumah sakit jiwa tersebut??

    Dibawah ini saya tambahkan lagi Daftar Rumah Sakit Jiwa milik Pemerintah Daerah setempat, milik TNI, dan milik swasta. Semoga saja ada yang berdekatan dengan domisili Anda.

    RUMAH SAKIT JIWA PEMERINTAH DAERAH
    1. RSJ Grasia, Jl Kaliurang, Pakem, Sleman Yogyakarta
    2. RSJ Menur, Jl Menur 120 Surabaya
    3. RSJ Selebung, Lombok Tengah
    4. RSJ Abepura, Jl Kesehatan 11 Abepura

    RUMAH SAKIT JIWA SWASTA
    1. Sanatorium Dharmawangsa, Jl Dharmawangsa 36 Jkt
    2. RS Dharmasakti, Jl Kaji 40 Jkt Pusat
    3. RS Dharmajaya, Jl Raya Mangga Besar Jkt Barat
    4. RS Ongko Mulyo, Jl Pulomas Barat VI, Jkt Timur
    5. RS Bina Atma, Jl HOS Tjokroaminoto 94 Medan
    6. RS Mahoni, Jl Mahoni 18 Medan
    7. RS Aditiawarman, Jl Parak Gadang, Padang
    8. RS Puri Nirmala, Jl Pakualaman, Yogyakarta
    9. RS Bina Atma, Jl Ubung, Denpasar
    10. RS Dharma Mulia, Jl Diponegoro, Surabaya
    11. RS Adhitama, Jl Bangka15 Surabaya
    12. RS Puri Waluyo, Jl Slamet Riyadi, Surabaya
    13. RS Budi Asih, Magelang
    14. RS Dharma Kusumah, Magelang
    15. RS Hurip Waluyo, Jl Raden Saleh 15 Bandung

    BAGIAN PSIKIATRI RUMAH SAKIT UMUM PEMERINTAH
    1. RSUP Cipto Mangunkusumo, Jl Diponegoro 74 Jkt Pusat
    2. RS Fatmawati, Cilandak Jkt Selatan
    3. RS Pusat Pertamina, Jl Kyai Mojo, Kebayoran Baru, Jaksel
    4. RS Persahabatan, Jl Persahabatan, Rawamangun, Jaktim
    5. RS Dr. Karyadi, Jl Dr. Sutomo 16 Semarang
    6. RS. Dr. Sutomo, Jl Dharma Husada 47 Surabaya
    7. RS Hasan Sadikin, Jl Pasteur 38 Bandung
    8. RS Dr. Djamil, Jl Perintis Kemerdekaan No. 1 Padang
    9. RS Dr. Syaiful Anwar, Jl Jaksa Agung Suprapto 2 Malang
    10. RS Tanjung Karang, Jl Dr.Rivai Tanjungkarang

    BAGIAN PSIKIATRI RUMAH SAKIT TENTARA
    1. RSPAD Gatot Subroto, Jl Abdurahman Saleh, Jakpus
    2. RSPAL Mintohardjo, Bendungan Hilir 17 Jkt
    3. RSP Polri, Kramat Jati, Jkt Timur
    4. RSP AU, Halim Perdana Kusuma, Jkt
    5. RSAL Dr. Ramelan, Jl Gedung Surabaya
    6. RSAD, Malang
    7. RS Dustira, Cimahi

    BAGIAN PSIKIATRI RSU SWASTA
    1. RS Pelni, Petamburan, Jkt
    2. RS Sumber Waras, Jl Kyai Tapa, Grogol, Jkt Barat
    3. RS ST Carolus, Salemba Raya 41 Jkt Pusat
    4. RSS PGI Cikini, Jl Raden Saleh 40 Jkt Pusat
    5. RS Islam Jkt, Jl Cempaka Putih, Jakarrta
    6. RS Jiwa Husada, Jl Raya Mangga Besar, Jkt
    7. RS Gunung Muria, Tomohon, Sulawesi Utara.

    Demikian semoga bermanfaat. Harapan saya agar Anda sesegera mungkin merujuk ke dokter jiwa terdekat atau ke salah satu RSJ terdekat dari yg tersebut di atas. Harap jangan menyepelekan masalah ini dan jangan menunda-nunda berobat sesegera mungkin agar kondisi Anda tidak semakin memburuk.

    Semoga lekas sembuh.

  28. Psikiater said

    @Jhony Walker

    Sdr. Jhony,
    Berikut ini sebetulnya adalah Daftar Panti Rehabilitasi dan Panti Terapi Penderita Ketergantungan terhadap Narkoba. Akan tetapi para terapis di panti-panti tersebut juga terlatih untuk menangani pasien dengan gangguan jiwa ringan s/d berat. Saya bisa menjamin hal ini karena saya pernah bertugas meninjau panti-panti tersebut. Umumnya panti-panti ini juga bekerja sama dengan RSJ setempat. Bahkan ada beberapa yang dikontrol secara rutin oleh dokter jiwa.

    PUSAT REHABILITASI PAMARDISIWI, BNN Jl. MT Haryono CAWANG Jkt timur

    PANTI REHABILITASI SOSIAL, DEPARTEMEN SOSIAL

    1. PRSKN Insyaf, Jl Pancing 37 Medan
    2. Khusnul Khotimah, Jl Babakan Pocis, Cisauk, Serpong Tangerang
    3. PRSKN Galih Pakuan, Putat Nutug, Bogor (Pemda Bogor)
    4. PRSKN Binangkit, Lembang (khusus perempuan), (Pemda Bandung)
    5. PRSKN Gemah, Semarang (Pemda Semarang)
    6. PRSKN Teratai, Surabaya

    Pelayanan dan Perawatan di panti-panti sosial tersebut khusus untuk keluarga kurang mampu, tidak dipungut bayaran, pendaftaran melalui Dinas Sosial setempat.

    PUSAT TERAPI BERDASARKAN KEAGAMAAN
    1. Pondok Pesantren Suryalaya, Ciamis, Jabar, dengan sejumlah cabangnya yang tersebar di banyak tempat.

    2. Pondok Pesantren Tebu Ireng Jawa Timur

    LEMBAGA PELAYANAN TERAPI DAN REHABILITASI YAYASAN SOSIAL
    1. Doulos, Jl Kelapa Nias XI PD 7/15 Jkt Timur
    2. Tunas Kencana, Perkantoran Buncit Mas Blok B 6 Lt 3
    3. Kasih Mulia, Camar Indah I Blok DD 10, Pantai Indah Kapuk, Jakut
    4. Harapan Permata Hati Kita, Jl Dr. Semeru 112 Bogor
    5. Wisma Adiksi, Jl. Jati Indah 123 Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jaksel
    6. Tulus Hati, Setiabudi Building 2 Lt 3 Jl HR Rasuna Said, Kuningan Jkt
    7. Titihan Respati, Jl Hang Lekir II/16 Kebayoran Baru Jaksel
    8. Insan Pengasih, Jl Daksa IV No 69 Kebayoran Baru Jaksel
    9. TR Dadang Hawari, Jl Tebet Mas Indah, Blok E No 5 Jkt
    10. Asa Bangsa, Jl Duren Tiga Utara Raya 103 Jkt Selatan
    11. Dharma Kasih Ibu, Cilember, Jogjogan, Bogor
    12. Rumah Anak Panah, Jl Kran V No. 3 Kemayoran, Jakpus
    13. Cakra Murti, Jl Raya Kp Sawah 3 Jatimulya Depok
    14. Wisma Siloan, Jl Semplak345 Bogor
    15. Al Ichya, Jl Batu Tapak Pasir Jaya Ciomas Bogor
    16. Pondok Bina Kasih, Gd Citra I Blok AE V/1 Kalideres Jakbar
    17. Inabah IV, Sindanglaya No. 8 Cipanas
    18. Inabah XX, Jl Raya Perjuangan No. 15 Cipanas Bogor
    19. Inabah VII, Kp. Rawa, Calincing,Sukawening, Tasikmalaya
    20. Cinta Kasih Bangsa, Jl Kol Sugiono, Susukan, Ngemplak, Ungaran
    21. Pesantren Tebu Ireng, Jombang Jawa Timur
    22. Ester Willem, Jl Salihara No. 25 Pejaten, Jaksel.

    Daftar Panti Rehabilitasi tersebut di atas hanya sekedar opsi alternatif bagi Anda, mungkin ada yang berdekatan dengan lokasi tempat tinggal Anda. Akan tetapi saya tetap lebih menyarankan Anda ke dokter jiwa atau Rumah Sakit Jiwa. Kecuali apabila lokasinya jauh maka panti-panti rehabilitasi tersebut mungkin bisa membantu, daripada Anda tidak berobat sama sekali.

    Demikian, semoga lekas sembuh.

  29. gratis…. gratis…. gratis…. … gratis…….gratis….. …. gratis….. cukup dengan sepotong …. gratis…. gratis…… gratis……teng…. deng…..deng…. denggggggggggggg…….

    biar jadi sepam yang penting admin baca…. gratis……

  30. hormat

  31. jabon said

    by agus jabon :

    aeertinya sekarang ini dunia sudh hampir berakhir
    krena ada asaja yang mebetulkan agama yang salah …

  32. abduljalil said

    sebenarnya sudah jelas, yesus itu bukan anak Tuhan tapi dia adalah manusia, makan ,minum,tidur,berak titik
    Dan sudah jelas Nabi Muhammad itu Nabi Terakhir,lihat saja populasinya mendunia ,kok dak di lihat toh.

  33. ferry said

    nabi muhammad adalah manusia maksum artinya terpelihara dari dosa. dalam masalah agama nabi muhammad benar karena beliau menyampaikan apa yang berasal dari ALLAH. tanda kenabian beliau adalah mukjizatnya. mukjizat terbesar adalah alqur;an kemukjizatan qur’an dapat dilihat dari hubungannya ilmu pengetahuan yang ditemukan pada zaman ini. sedangkan lia eden mana mukjizatnya jika mereka mengklaim agama mereka benar??!!??

  34. Kidsshadow said

    udah aneh aja sekarang.. masa agama yg salah/sesat di benarkan..
    Acne Scars Indonesia Siap Bersaing Di SERP World Lifestyle Trends Acne Scars Solutions Acne Treatment

  35. Computers make it easier to do a lot of things, but most of the things they make it easier to do don’t need to be done.

  36. good good…this post deserves nothing …hahaha just joking 😛 …nice post 😛

  37. hi, how do i add your site into my rss reader so that i never miss another one of your excellent posts.

  38. y8 said

    It is interesting to view what some people have to say. Comments are usually contradictory, but I value the good ones. Outstanding piece of writing by the way.

  39. Thank you for your awsome informations. I never heard about this until i found your site through google search.I allready bookmarked it and wait around for more content from you.

  40. Between me and my husband we’ve owned more MP3 players over the years than I can count, including Sansas, iRivers, iPods (classic & touch), the Ibiza Rhapsody, etc. But, the last few years I’ve settled down to one line of players. Why? Because I was happy to discover how well-designed and fun to use the underappreciated (and widely mocked) Zunes are.

  41. Greetings each person, That site is without question recommended thus is when the situation became expanded. I really like some top observations at the same time whereas A totally free like every person build and maintain doing it relating to subject matter with the intention increase the value of the niche.

  42. peace said

    orang yang suka menebarkan teror disebut teroris
    anda suka menebar teror fitnah,,,,menghujat,,,mengina,,,,andalah cikal bakal teroris
    siapakah anda?

  43. daguswijaya said

    Suka dengan komentar @kabayan dan sekedar ingin menguatkan, mengutip kembali apa yang Anda tuliskan ” ..walau untuk mencapai pemahaman ini pun masih tergantung kemampuan berfikir seseorang.” saya sepakat dengan hal ini.
    Baca uraian seperti ini saya jadi bertambah semangat belajar untuk meningkatkan kemampuan berfikir agar benar-benar faham, dan yakin.

  44. Bigbob105 said

    Have you ever wanted to burn calories easily? Do you not have enough time in the day? Well now burning them is easy with my new eBook! Simply download the book below and enjoy. It’s completely free too. I hope you all enjoy! Minecraft pre-release 5

  45. ukash kart said

    I follow your site every time I wish you success.

  46. ANYWHWRE said

    @jOHNY WALKER : ANJING LU …….! KALO GW KETEMU SAMA ELO GW MUTILASI LU !

  47. jaya said

    Gatel rasanya sy mendengar nabi Muhammad SAW di hina. Tak bijak orang yg bukan ahlinya/murtad/kafir berpendapat tentang Islam.

  48. jaya said

    buat lutfi syaukanie JIL yang juga masih makan nasi … kita ini sudah mengalami segala macam bencana, mulai dari gempa, merapi, banjir dll…
    hanya 1 yg belum Halilintar di siang bolong… Hati hati berkomentar Bung…!!

  49. Hi. Article is fantastic.

  50. Thanks like your Tokoh JIL Luthfie Assyaukanie Menilai, Kesalahan Lia Eden Sama dengan Kesalahan Nabi Muhammad SAW KabarNet

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.