KabarNet

Aktual Tajam

Gunung Ciremai Dijual Rp60 T kepada Perusahaan Amerika

Posted by KabarNet pada 03/03/2014

Jakarta – KabarNet: Hari ini, masyarakat tengah digemparkan dengan kabar Gunung Ciremai yang terletak di Jawa Barat dijual kepada perusahaan energi asal Amerika Serikat (AS), Chevron Geothermal Indonesia Ltd. Kabar itu beredar dari pesan berantai yang dikirimkan melalui Blackberry Messengger (BBM), Senin 3 Maret 2014. Dalam BBM yang menjadi pergunjingan banyak masyarakat itu, gunung tertinggi di Jawa Barat itu dijual dengan harga mencapai Rp60 triliun.

Disebutkan dalam pesan berantai itu, Chevron memenangkan tender eksplorasi energi panas bumi (gheotermal) di wilayah tersebut dari Pemerintah Daerah Jawa Barat. Nantinya, perusahaan akan bekerjasama dengan badan usaha milik daerah (BUMD) dalam eksplorasi kawasan ini.

Diterangkan, untuk wilayah Kuningan, Desa Palutungan adalah gerbang utama untuk mengeksploitasi gunung. Sedangkan Majalengka akan terkena dampaknya. Adapun dampaknya adalah pencemaran lingkungan akibat keluarnya campuran beberapa gas berbahaya yang mematikan, di antaranya karbon dioksida (CO2), hidrogen sulfida(H2S), metana (CH4) dan amonia (NH3).

Menurut isi BBM itu, pencemaran-pencemaran tersebut memiliki andil pada pemanasan global, hujan asam dan bau yang tidak sedap serta beracun. Kemudian, pembangunan pembangkit juga merusak stabilitas tanah, pasokan air bersih berkurang. Belum lagi akan timbulnya gempa-gempa minor yang mengakibatkan gunung meletus.

Berikut isi BBM yang beredar di masyarakat:

“Hanya sekedar ingin memberikan informasi kepada rekan semua, khususnya masyarakat Majalengka. Ciremai, gunung tertinggi di Jabar yang letaknya berada di dua daerah yaitu Majalengka dan juga Kuningan telah dijual oleh pemerintah dengan seharga 60 T kepada Chevron Corporation, perusahaan asal Amerika Serikat ini bergerak di bidang geothermal (panas bumi). Kuningan, Palutungan adalah gerbang utama untuk mengeksploitasi gunung terbesar di Jawa Barat tersebut. Sedangkan Majalengka akan terkena dampaknya.

  • 1. Keluarnya campuran beberapa gas, diantaranya karbondioksida (Co2), hidrogen sulfida (H2S), metana (CH4) dan amonia (NH3).
  • 2. Pencemar-pencemar tersebut jika dilepas ikut memiliki andil pada pemanasan global, hujan asam, bau yang tidak sedap serta beracun.
  • 3. Pembangunan pembangkit juga merusak stabilitas tanah
  • 4. Pasokan air bersih berkurang
  • 5. Adanya gempa minor, yang mengakibatkan gunung meletus.

Cara ataupun jalan yang telah mereka rencanakan ataupun sudah digunakan, bisa rekan-rekan lihat di akun twitter rekan saya, @shendiRosyian dia sedang menjelaskan secara jelasnya langkah keji yang telah pemerintah lakukan. Rela kah Ciremai dibeli seharga 60T? Indonesia Bak Tamu di Negeri Sendiri, Mengunggah Senyum Walau Sebenarnya Geram, Kaku Saat Tanah Emas Papua di Kuras Freeport, Kelu Saat Blok Cepu di Sedot Exon. Dan Skrg Chevron Siap Mmbuat CACAT Ciremai”.. Demikian tulis BBM tersebut.

Source: SindoNews

30 Tanggapan to “Gunung Ciremai Dijual Rp60 T kepada Perusahaan Amerika”

  1. the-problema-212 said

    Mending SBY aja yg dijual drpd gunung kebanggaan masyarakat itu,SBY dijual atau tukar + utk beli alat2 sains kan lumayan bermanfaat.
    Xixixiiii aneh negeri ini,setelah Timor timur lepas,menyusul 2 pulau yg jg lepas,skrg gunung lg yg mau lepas,lama2 harga diri bangsa yg bakal dilepas.
    Parah!
    Go Revolusi!

  2. Robot said

    Kayaknya, daripada jual hak kelola gunung ciremai, lebih baik jual hak kelola gunung krakatau aja deh ……….dijamin gak bakal ngerugiin siapa-siapa, he, heee …… soal kekuatan panas buminya, jangan ditanya, rajanya man !

  3. Spark said

    Wahai anak bangsa !

    Ketahuilah jumlah ENERGI MINYAK, GAS DAN NUKLIR ada batasnya dan akan habis suatu saat nanti, tapi ENERGI MAGMA YANG MENGHASILKAN PANAS BUMI di dalam perut bumi dijamin tak akan pernah habis, apalagi Indonbesia terletak di daerah patahan lempeng tektonik dunia. Jadi bisa dikatakan ENERGI PANAS BUMI INDONESIA suatu saat akan menjadi enegri panas bumi YANG TERBESAR DAN TERAWET DI DUNIA !

    Untuk itulah pemodal luar telah menyadari kelebihan Indonesia ini dan sedari awal berusaha masuk.

    Jadi, sebagai anak bangsa marilah kita tingkatkan penguasaan ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI KHUSUNYA DIBIDANG KEPANASBUMIAN agar kita bisa menjadi TUAN DI NEGERI SENDIRI.

  4. KABAR BURUK Gunung CIREMAI Dijual kepada perusahaan asing, kalau masih proses. Mari RAKYAT INDONESIA RAYA …………. bersatu untuk menyelamatkannya

  5. Anonim said

    pemerintah sudah edan, satu persatu tanah di bumi pertiwi ini du jualnya.., apakah msh kurang kaya dgn hasil korupsi nya masing2..,

  6. adi said

    Payah nih redaksi .., kwalitas SDM nya mentok dan abal abal .

    Pesan berantai dimasukan sebagai artikel!!!!!!!! …..

  7. doni said

    Payah nih redaksi , kwalitas SDM nya abal abal… tingkat RT
    Pesan HOAX dijadikan artikel !!!!!

  8. ada dono said

    Payah nih redaksi DETIK.com, kwalitas SDM nya mentok dan abal abal… tingkat RT

    Pesan berantai dimasukan sebagai artikel!!!!!!!! …..

    http://detik.com/gunung-ciremai-dijual-rp60-triliun-t898314.html?df9922tpop?nd771104forum

  9. ada dono said

    Payah nih redaksi SCTV Liputan-6.com, kwalitas SDM nya mentok dan abal abal… tingkat RT

    Pesan berantai dimasukan sebagai artikel!!!!!!!! …..

    http://m.liputan6.com/bisnis/read/2017533/geger-gunung-ciremai-dijual-ke-chevron-rp-60-triliun

  10. ada dono said

    Payah nih redaksi RCTI Seputar Indonesia/SINDOnews.com, kwalitas SDM nya mentok dan abal abal… tingkat RT

    Pesan berantai dimasukan sebagai artikel!!!!!!!! ……

    “http://daerah.sindonews.com/read/2014/03/03/21/840692/beredar-kabar-gunung-ciremai-dijual-rp60-t

  11. Ada Dono said

    Ternyata para redaktur media2 raksasa seperti SCTV Liputan6, RCTI Seputar Indonesia, Detik.com, MetroTv, TvOne, Trans, MNC, AnTv, Indosiar, trans7, GlobalTv, Kompas, Tempo, Merdeka.com, Tribunnews, Jawa Pos, Republika, Kantor Berita Nasional ANTARA, dan Kabarnet, dan lain-lain…. semuanya Payah, semuanya kwalitas SDM nya mentok dan abal abal… tingkat RT, setingkat ‘penulis komentar tolol’ yg ga paham jurnalisme.

    Karena Pesan berantai oleh mereka semuanya di atas dimasukan sebagai artikel!!!!!!!! …..

  12. […] Gunung Ciremai Dijual Rp60 T kepada Perusahaan Amerika var _gaq = _gaq || []; _gaq.push(['_setAccount', 'UA-37464667-1'], ['_trackPageview']); (function() { var ga = document.createElement('script'); ga.type = 'text/javascript'; ga.async = true; ga.src = ('https:' == document.location.protocol ? 'https://ssl' : 'http://www&#039😉 + '.google-analytics.com/ga.js'; var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s); })(); var _paq = _paq || []; _paq.push(['trackPageView']); _paq.push(['enableLinkTracking']); (function() { var u=(("https:" == document.location.protocol) ? "https" : "http") + "://cozmeed.com/analytic/" _paq.push(['setTrackerUrl', u+'piwik.php']); _paq.push(['setSiteId', 16]); var d=document, g=d.createElement('script'), s=d.getElementsByTagName('script')[0]; g.type='text/javascript'; g.defer=true; g.async=true; g.src=u+'piwik.js'; s.parentNode.insertBefore(g,s); })(); .recentcomments a{display:inline !important;padding:0 !important;margin:0 !important;} .site-header { background: url(http://blog.tokooutdoor.co.id/wp-content/themes/twentythirteen/images/headers/circle.png) no-repeat scroll top; background-size: 1600px auto; } […]

  13. Anonim said

    sby antek yahudi

  14. ksatria_kencana said

    Kalau kau manusia,bantah dong dg argumen kau!
    Kalau kau bisanya cuma mencani Penulis,maka kau tdk ada bedanya dg babi yg sdg mengendus2 dihadapan kaca!
    :mrgreen: wkwkwwk

  15. ksatria_kencana said

    Awas!
    Ada orang gila sdg bergentayangan di DUMAY!
    Ciri2nya disetiap awal kalimat tulisanya sll bilang : “payah nih” (tp tak bisa menyanggah). :mrgreen:
    Xixixixi 🙄

  16. ksatria_kencana said

    Good saying , bung Spark@
    Mantap!!!!!!!! :mrgreen:

  17. tuxlin said

    yakin ini gunung dijual? 😮

  18. Perang solusi terbaik bagi bangsa Indonesia,

  19. […] Berikut isi rumornya dari sumber berikut gan! […]

  20. adi said

    @Ksatria -kencana oon
    @ada dono bodo

    ” media2 raksasa seperti SCTV Liputan6, RCTI Seputar Indonesia, Detik.com, MetroTv, TvOne, Trans, MNC, AnTv, Indosiar, trans7, GlobalTv, Kompas, Tempo, Merdeka.com, Tribunnews, Jawa Pos, Republika, Kantor Berita Nasional ANTARA, dan Kabarnet “….hee he apa yang dibanggakan dengan kwalitas media diatas …. fakta berita hoax di sebarkan .

    Kaya ngga tau kwalitas media indonesia ….!!!!!

    nih bantahannya untuk penggemar HOAXXX !!!!!!!!!!!!!!!!!

    http://regional.kompas.com/read/2014/03/03/2321124/Gubernur.Jabar.Hoax.Kabar.Gunung.Ciremai.Dijual.ke.Chevron.

    http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/03/04/n1vauc-isu-gunung-ciremai-dijual-ini-kata-staf-khusus-presiden

    http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-barat-nasional/14/03/03/n1uys5-pemkab-kuningan-bantah-kabar-gunung-ciremai-dijual

    http://www.inilahkoran.com/read/detail/2079268/dibantah-gunung-ciremai-dijual-rp60-t-ke-chevron

    http://www.solopos.com/2014/03/04/isu-gunung-ciremai-dijual-rp60-triliun-adalah-hoax-493613

    http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/gunung-ciremai-dijual-rp60-triliun-heryawan-itu-hoax?utm_source=front&utm_medium=box&utm_campaign=berita_terbaru

  21. ksatria_kencana said

    Sipenjual gunung kl terdesak pasti bilang isu itu hoax!
    Sama spt pendeta saat dia membakar sendiri gerejanya,lalu difitnahnya Muslim pelakunya,saat ditanya dia bilang itu jg hoax,pdhl jelas2 dia sendiri yg membakar gereja!
    Begitulah hey manusia,jgn bodoh dlm dunia ini!

  22. Bambang H. said

    Bung @Adi (no. 6 & 20)
    Semua link2 media yg Anda cantumkan itu tadinya kesemuanya sama2 beritain soal gunung sinabung. Bahkan hampir seluruh media di tanah air memberitakannya. Kalo kemudian ternyata terbukti hoax ya sanggahannya diberitain lagi. Begitulah cara kerja jurnalistik.

    Contohnya, waktu mantan bendahara umum partai demokrat M.Nazaruddin “bernyanyi” bhw Anas Urbaningrum terlibat korupsi, “nyanyian” Nazar langsung diberitakan oleh hampir seluruh media tanpa perlu membuktikan apakah nyanyian Nazar itu benar atau bohong. Krn memang bukan tugas media untuk buktiin omongan Nazar benar apa tidak. Itu tugas KPK. Kalo sebelum mengangkat berita ttg Nazar media disuruh menunggu 40 tahun utk menunggu terungkapnya bukti2 kebenaran nyanyian Nazar itu, mk kasus korupsi Anas dan Hambalang smp skrng ga pernah terungkap krn ga di-blowup dengan gencar oleh media.

    Salah satu prinsip jurnalisme itu adalah menyampaikan berita yg beredar dengan jujur apa adanya sesuai kenyataan yg ada. Kalau si ‘A’ atau di “B’ ngomong ‘abcde’ ya sampaikan apa adanya, jangan ditambah dan jangan dikurangi. Sebutkan sumber beritanya. Kalau sumbernya media sosial spt Twitter ya sebutkan juga sejujurnya. Kalau benar biarin benar, kalau ternyata salah ya diberitain lagi dan katakan berita yg terlanjur beredar itu ternyata salah. Begitulah cara kerja jurnalistik. Yg penting beritain dulu, segera secepat mungkin, agar masyarakat tahu apa yg terjadi.

    Semoga kini Anda tercerahkan.

  23. ksatria_piningit said

    Bambang H. berkata
    05/03/2014 pada 14:59 e

    …. dst…
    Semoga kini Anda tercerahkan.

    ==>>> saudara @Bambang H.

    tercerahkan???

    percuma ga akan bisa.
    mana mungkin penderita penyakit batin kronis (hasud, dengki, dll) yg juga tolol scr genetik… bisa tercerahkan dgn penjelasan ilmiah anda soal prinsip jurnalistik???
    Mimpi kaleee…. :mrgreen: 😆

  24. ksatria_kencana said

    Ha haaa gax ada salahnya berharap gan,siapa tahu yg bersangkutan kebentur tembok kepalanya lalu sadar dech.
    Hiii :mrgreen: 😆

  25. ksatria_piningit said

    @ksatria_kencana
    amiiiiiin….. smoga aja Gan 😀
    wa ‘ala niyatin solehah… wa ila Hadhorotin Nabi Sayyidina Muhammadin Sollallahu Alaihi wa Sallam … alfaaatehah….

  26. adi said

    PT Chevron Geothermal Indonesia menyatakan, jika pihaknya telah memperoleh hak untuk menggarap panas bumi (geotermal) di wilayah Gunung Ciremai, Jawa Barat.

    General Manager Policy, Goverment and Public Affairs PT Chevron Geothermal Indonesia Paul Mustakim menegaskan, jika hak perseroan untuk menggarap panas bumi di kawasan tersebut dilakukan melalui tender terbuka yang digelar pemerintah pada tahun 2011. Dan perusahaan tersebut ditetapkan memenangi tender pada tahun 2012.

    “Saya perlu luruskan, di industri ini, ada tender. Itu dilakukan secara terbuka. Siapa saja boleh berpartisipasi, asal memenuhi syarat,” jelas Paul kepada Okezone, Kamis (3/3/2014)

    Belakangan terungkap kalau isi BBM itu hanyalah sebuah kabar burung belaka meski tak sepenuhnya salah. Chevron sendiri mengakui rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal) di wilayah Gunung Ciremai. Namun Chevron membantah telah membeli gunung Ciremai sebesar Rp60 triliun dari pemerintah Indonesia. “Proses tendernya reguler dengan beberapa peserta dan sama seperti proses tender pembangkit panas bumi lainnya di lampung, Sumatera Utara, Gunung Ciremai itu biasanya,” kata Juru Bicara Chevron Pasific Indonesia Yanto Sianipar kepada Gresnews.com, di Jakarta, Selasa (4/3).

    Kendati sudah memenangkan tender, menurut Yanto, perusahaan belum menjadwalkan pembangunan pembangkit panas bumi. Saat ini Chevron baru mengurus perizinan khusus dari pemerintah. “Yang jelas kami mengikuti tender sesuai dengan prosedur yang diminta pemerintah untuk mengembangkan panas bumi di wilayah kerja di Gunung Ciremai,” kata Yanto.

    Niat untuk membangun pembangkit geothermal ini di satu sisi seharusnya mendapat dukungan, khususnya dari para pegiat lingkungan hidup. Greenpeace Indonesia, misalnya, bersama masyarakat Batang dan beberapa lembaga lainnya seperti YLBHI menentang keras pembangunan PLTU Batang yang ditenagai batubara yang dinilai sebagai energi kotor. PLTU Batang diperkirakan akan menghasilkan emisi sebesar 10,8 juta ton karbon dan 226 kg merkuri setiap tahunnya.

    Salah satu energi alternatif yang disodorkan Greenpeace ialah energi panas bumi. Dalam catatan Greenpeace, Indonesia memiliki 40 persen persediaan panas bumi dunia. Kapasitas panas bumi di wilayah yang dilingkari cincin api ini mencapai 29.000 Megawatt. “Tetapi yang digunakan saat ini hanya 1,2 MW,” kata Juru Kampanye Greenpeace Arief Fiyanto kepada Gresnews.com, Selasa (4/3).

    Masalahnya pengembangan energi geothermal di Indonesia ternyata menyimpan masalah yang sangat pelik. Pertama adalah menyangkut urusan hukum dan perundang-undangan. Pembangunan energi panas bumi di Indonesia setidaknya terganjal dua aturan hukum. Pertama adalah UU Nomor 27 Tahun 2003 tentang Panas Bumi. Dalam beleid ini, kegiatan pemanfaatan panas bumi digolongkan sebagai kegiatan pertambangan.

    Penggolongan ini membuat kegiatan pemanfaatan energi panas bumi kemudian harus berhadapan dengan masalah hukum kedua yaitu UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan UU No. 5 Tahun 1990 tentang Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya.

    Dimana letak persoalannya? Seperti diketahui selama ini potensi energi panas bumi terbesar kebanyakan tersimpan di kawasan hutan konservasi. Nah, kawasan itu diatur dalam UU Kehutanan dan UU Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya sebagai kawasan yang diharamkan untuk dijamah kegiatan pertambangan. Lantaran pemanfaatan energi panas bumi dikategorikan sebagai pertambangan maka otomatis pemanfaatan tenaga panas bumi di kawasan hutan konservasi dilarang………………………………………

    Berita diatas menunjukan BUKAN TERJADI JUAL BELI GUNUNG SEPERTI BELI PISANG DIPASAR BUNG !!!!!!!!!!!!

    Sumber 😦 Okezone 3-3 2014)

    Hee ..he jadi mana yang lebih valid datanya ???

    Makanya pinter dikit dung !!!!! …. bedaain antara jual pisang dipasar dengan kontrak pengadaan panas bumi …

  27. ksatria_kencana said

    Mana yang benar ya kau tanya lgsg sj kegunungnya :mrgreen: ha haaa
    Fungsi media kan utk menyampaikan apa yg sdg jd sorotan, kl kabarnet# tdk memposting ini,apa kau akan sibuk2 mencari sumber lain?
    Tentu tdk kan?
    Jd Shut Up ajalah!
    Kecuali kau sdh bertanya lgsg kpd gunungnnya. He heee

  28. ksatria_piningit said

    Adi berkata
    06/03/2014 pada 05:54 e

    PT Chevron Geothermal Indonesia menyatakan, …..dst…

    Berita diatas menunjukan BUKAN TERJADI JUAL BELI GUNUNG SEPERTI BELI PISANG DIPASAR BUNG !!!!!!!!!!!!

    Sumber Okezone 3-3 2014)

    Hee ..he jadi mana yang lebih valid datanya ???

    Makanya pinter dikit dung !!!!! …. bedaain antara jual pisang dipasar dengan kontrak pengadaan panas bumi …

    ###

    Bambang H. berkata
    05/03/2014 pada 14:59 e

    Bung @Adi (no. 6 & 20)
    Semua link2 media yg Anda cantumkan itu tadinya kesemuanya sama2 beritain soal gunung sinabung. Bahkan hampir seluruh media di tanah air memberitakannya. Kalo kemudian ternyata terbukti hoax ya sanggahannya diberitain lagi. Begitulah cara kerja jurnalistik.

    Contohnya, waktu mantan bendahara umum partai demokrat M.Nazaruddin “bernyanyi” bhw Anas Urbaningrum terlibat korupsi, “nyanyian” Nazar langsung diberitakan oleh hampir seluruh media tanpa perlu membuktikan apakah nyanyian Nazar itu benar atau bohong. Krn memang bukan tugas media untuk buktiin omongan Nazar benar apa tidak. Itu tugas KPK. Kalo sebelum mengangkat berita ttg Nazar media disuruh menunggu 40 tahun utk menunggu terungkapnya bukti2 kebenaran nyanyian Nazar itu, mk kasus korupsi Anas dan Hambalang smp skrng ga pernah terungkap krn ga di-blowup dengan gencar oleh media.

    Salah satu prinsip jurnalisme itu adalah menyampaikan berita yg beredar dengan jujur apa adanya sesuai kenyataan yg ada. Kalau si ‘A’ atau di “B’ ngomong ‘abcde’ ya sampaikan apa adanya, jangan ditambah dan jangan dikurangi. Sebutkan sumber beritanya. Kalau sumbernya media sosial spt Twitter ya sebutkan juga sejujurnya. Kalau benar biarin benar, kalau ternyata salah ya diberitain lagi dan katakan berita yg terlanjur beredar itu ternyata salah. Begitulah cara kerja jurnalistik. Yg penting beritain dulu, segera secepat mungkin, agar masyarakat tahu apa yg terjadi.

    Semoga kini Anda tercerahkan.

    ###

    Ksatria_piningit berkata
    05/03/2014 pada 15:43 e

    Bambang H. berkata
    05/03/2014 pada 14:59 e

    …. dst…
    Semoga kini Anda tercerahkan.

    .

    ==>>> saudara @Bambang H.

    tercerahkan???

    percuma ga akan bisa.
    mana mungkin penderita penyakit batin kronis (hasud, dengki, dll) yg juga tolol scr genetik… bisa tercerahkan dgn penjelasan ilmiah anda soal prinsip jurnalistik???
    Mimpi kaleee…. :mrgreen: 😆

    ###

    Ksatria_kencana berkata
    05/03/2014 pada 15:49 e

    Ha haaa gax ada salahnya berharap gan,siapa tahu yg bersangkutan kebentur tembok kepalanya lalu sadar dech.
    Hiii :mrgreen: 😆

    ###

    @ksatria_kencana
    (coba baca komen nomor 26.)
    maaf Gan, pupus lah sudah harapan Agan di atas.
    soalnya menurut para ahli… ‘tolol genetik’ itu mustahil bisa sembuh…
    kasihan… 😉

  29. ksatria_kencana said

    Ksatria_piningit@
    Ha haaa baru aku sadar ternyata ketololan yg bersangkutan itu sdh stadium 6 alias sudah tidak ada harapan kesembuhan lg.
    Biarlah dia tolol selama2nya,aku sdh ikhlas kok kl dia jd tolol selama2nya 🙄 heee :mrgreen:

  30. taUbat said

    ALIANSI MAHASISWA CIREBON TOLAK PENJUALAN GUNUNG CIREMAI

    RABU, 19/03/2014 18:36

    CIREBON – RRI.CO.ID – PULUHAN ALIANSI MAHASISWA CIREBON TERLIBAT BENTROK DENGAN PIHAK KEPOLISIAN DARI POLRES CIREBON KOTA SAAT MELAKUKAN AKSI UNJUK RASA, TERKAIT KEDATANGAN GUBERNUR JAWA BARAT H. AHMAD HERYAWAN YANG MEMBERIKAN KULIAH UMUM KEPADA KALANGAN MAHASISWA UNSWAGATI CIREBON LAINNYA DI AULA KAMPUS 1 UNSWAGATI CIREBON.

    UNJUK RASA YANG DILAKUKAN KALANGAN MAHASISWA TERSEBUT MENOLAK EKSPLOITASI GUNUNG CIREMAI YANG AKAN DILAKUKAN OLEH PIHAK ASING DALAM HAL INI. GUBERNUR JAWA BARAT H AHMAD HERYAWAN PUN KONON TELAH MERESTUI AKAN EKSPLOITASI TERSEBUT SEHINGGA MENYULUT EMOSI MASYARAKAT DALAM HAK INI ALIANSI MAHASISWA CIREBON YANG MENENTANG KERAS EKSPLOITASI TERHADAP GUNUNG CIREMAI KARENA AKAN BERDAMPAK BURUK BAGI LINGKUNGAN SEKITAR YANG ADA DI WILAYAH GUNUNG CIREMAI.

    KEPADA RRI KORDINATOR AKSI UNJUK RASA FIRDAUS PADA, RABU (19/3/2014) MENEGASKAN DENGAN LANTANG BAHWA GUBERNUR JAWA BARAT H. AHMAD HERYAWAN TELAH CEROBOH, PASALNYA MERESTUI EKSPLOITASI GUNUNG CIREMAI. BENTROK TIDAK BERLANGSUNG LAMA, DAN ROMBONGAN GUBERNUR JAWA BARAT H AHMAD HERYAWAN PUN LANGSUNG PERGI MENINGGALKAN KAMPUS UNSWAGATI CIREBON. AKIBAT AKSI UNJUK RASA TERSEBUT LALU LINTAS DI JALANAN PEMUDA SEMPAT TERGANGGU DAN MENGALAMI KEMACETAN.

    AZI SATRIYA | ITY | AKS

    =====================================

    ISU GUNUNG CIREMAI DIJUAL, INI KATA STAF KHUSUS PRESIDEN

    SELASA, 04 MARET 2014, 00:06 WIB

    REPUBLIKA.CO.ID, – JAKARTA – STAF KHUSUS PRESIDEN BENCANA DAN BANTUAN SOSIAL ANDI ARIEF MEMBANTAH ISU YANG BEREDAR DI MEDIA SOSIAL YANG MENYATAKAN GUNUNG CIREMAI DI JAWA BARAT TELAH DIJUAL KEPADA CHEVRON RP60 TRILIUN.

    “TIDAK ADA KEBIJAKAN ATAU DALAM RENCANA SEKALIPUN MENJUAL GUNUNG CIREMAI KEPADA CHEVRON DENGAN HARGA RP60 TRILIUN,” KATANYA DI JAKARTA, SENIN, SEPERTI DIKUTIP DARI LAMAN SEKRETARIAT KABINET.

    IA MENEGASKAN, TIDAK ADA DAN TIDAK BENAR SERTA TIDAK MASUK AKAL ISU PENJUALAN GUNUNG CIREMAI. “DI SIDANG KABINET MAUPUN PERNYATAAN LANGSUNG DARI PRESIDEN, PARA MENTERI, PEJABAT YANG BERWENANG TIDAK ADA RENCANA ITU,” KATANYA.

    ISU PENJUALAN GUNUNG CIREMAI BEREDAR MELALUI BROADCAST BBM DAN MEDIA SOSIAL LAINNYA SEPERTI FACEBOOK DAN TWITTER. SAMPAI-SAMPAI TERDAPAT AJAKAN UNTUK MENYELAMATKAN GUNUNG CIREMAI DENGAN HASHTAG #SAVECIREMAI.

    ANDI ARIEF MEMINTA AGAR BERITA HOAX (BOHONG) TERSEBUT SEGERA DIHENTIKAN. IA JUGA MEMINTA AGAR SUMBER PERTAMA BERITA YANG MERESAHKAN TERSEBUT MERALAT SEGERA SEMUA SOAL ISU PENJUALAN GUNUNG CIREMAI TERSEBUT. HINGGA KINI, PENGIRIM BROADCAST TERKAIT ISU TERSEBUT BELUM DIKETAHUI.

    IA MENAMBAHKAN, SAAT INI MEMANG MENJELANG PEMILU, NAMUN MENURUT DAI MASIH BANYAK CARA TERHORMAT YANG DAPAT DILAKUKAN, BUKAN DENGAN MENYEBARKAN BERITA SEPERTI ITU.

    JULKIFLI MARBUN | ANTARA

Komentar "PILIHAN" akan diambil menjadi artikel KabarNet.